Latest News

Satu Bulan Dibeli, Lovebirdnya Jadi Ngekek Nyeklek Dan Sabet Quintrick Dilomba. Ini Tips Rawatannya



Meski kinerjanya belum sehebat Kusumo, prestasi demi prestasi terus diukir lovebird Aidan. Bahkan dalam Latpres Ultah Ke-13 Okky Firmansyah di Godong, Kabupaten Grobogan, Minggu (3/9), burung ini mencetak quintrick alias lima kali juara 1.

Lovebird Aidan dalam empat bulan terakhir terus memberi kejutan. Gaco milik Om Yohannes Surya Adi (628 SF Semarang) ini bertipe konslet ibarat Kusumo. Gaya nyekleknya benar-benar parah, dengan leher menukik ke belakang sampai menyentuh pungguh, ibarat mau patah.

Lovebird Aidan diperolehnya dari salah seorang rekan kicaumania di Salatiga, lima bulan lalu, dengan mahar Rp 5 juta. Saat itu, kinerja Aidan belum ngedan, tapi sudah full gacor. Maklum saja, di tangan pemilik lama, Aidan memang  dijadikan burung masteran.
“Jika ditanya bagaimana trik mengkonsletkan Aidan, saya sendiri bingung. Konsletnya bukan alasannya yaitu ramuan atau penanganan khusus. Dia tiba-tiba konlset sendiri, sebulan sesudah di tangan saya,” terang Om Adi.
Setiap kali berlaga, banyak penggemar lovebird yang menyampaikan bahwa gaya Aidan ibarat Kusumo. Bahkan gaya nyekleknya benar-benar parah, seakan-akan lehernya mau patah, sembari ngekek terus dengan bahan lagu didominasi bunyi walang kecek.

Ditempatkan dalam gelodok bersama pasangannya

Om Adi mengaku tak kesulitan dalam merawat lovebird Aidan. Apalagi tak ada setelan khusus lomba alasannya yaitu sama ibarat perawatan harian. “Yang penting, kita harus merawatnya sepenuh hati layaknya memperlakukan pacar, he.. he.. he..,” tutur Om Adi, sambil tertawa.
Sama ibarat lovebird Biang Kerok milik Mr Prio Sutrisno (AK-47 Bandung) dan Rossiddin andalan Om Isan Fadjrian (Pekanbaru), Aidan sehari-hari juga ditempatkan dalam gelodok bersama pasangannya (lovebird betina).
Ketika mengikuti Piala Ebod Jaya di Pesantenan, Pati, betina yang menjadi pasangan Aidan tiba-tiba mati tanpa diketahui penyebabnya. Beberapa waktu lamanya, Aidan mengikuti lomba tanpa betina, namun penampilannya masih stabil. Kini Aidan sudah mempunyai pasangan baru.

Perawatan lovebird Aidan

  • Pakan utama berupa milet putih kiloan.
  • Pakan perhiasan / EF berupa jagung anggun segar, yang diganti setiap hari.
  • Air minumnya menggunakan air isi ulang, yang juga wajib diganti setiap hari.
  • Aidan ditempatkan dalam gelodok bersama betina pasangannya. Glodok ditempatkan dalam sangkar yang bercampur dengan jenis burung lainnya.
  • Pemasteran hanya menggunakan burung kenari.
  • Mandi hanya ketika mau digantang saja, dengan trik disemprot.
  • Penjemuran dilakukan pagi hari sebelum lomba. Sebelumnya, burung mandi semprot dulu, kemudian dijemur sekitar 30 menit.
Berikut ini cuplikan video penampilan lovebird Aidan ketika mencetak quintrick dalam even Ultah Ke-13 Okky Firmansyah di Godong



Sudah ada beberapa kicaumania yang ingin meminang lovebird Aidan. “Berapa nominalnya, tak etis bila saya sebutkan. Toh saya juga belum ada impian untuk menjual lovebird Aidan,” tandas Om Adi.


semoga menginspirasi

disunting dari www.omkicau.com

0 Response to "Satu Bulan Dibeli, Lovebirdnya Jadi Ngekek Nyeklek Dan Sabet Quintrick Dilomba. Ini Tips Rawatannya"

Total Pageviews