Latest News

Kupas Tuntas! Mencetak Lovebird Biola Dengan Modal Yang Ramah Dikantong


Tren lovebird warna, khususnya jenis biola, belakangan ini makin diminati. Hal ini alasannya harga jualnya terus merangkak naik. Memang, beternak lovebird warna membutuhkan modal yang tidak sedikit. Namun kalau berhasil, perjuangan ini dapat menjadi ladang penghasilan yang menguntungkan, mengingat haga jualnya ketika ini tidak mengecewakan tinggi.

“Apabila modal yang dimiliki pas-pasan, kita dapat main di jenis split,” kata Om Tony Music yang mengawali breeding lovebird lomba semenjak tahun 2006, dan sekarang juga beternak lovebird warna.

Sebelum memulai beternak, kita mesti memahami dulu teori dasar persilangan lovebird jenis biola. Seperti diketahui, lovebird jantan dan betina dari jenis biola green akan menghasilkan anakan yang semuanya biola, baik biola jantan maupun biola green betina.

Bagaimana jikalau kita hanya mempunyai lovebird jantan biola green, sedangkan betinanya dari jenis non-biola? Menurut Om Tony, masih ada kesempatan mendapat anakan dengan jenis biola, meski tidak semuanya.
Dalam hal ini, lovebird biola green jantan dapat dikawinkan dengan lovebird betina dari jenis blue fischery atau biasa disebut lovebird sayur.
Perkawinan tersebut akan menghasilkan lovebird biola yang niscaya berkelamin betina, dan hijau standar (josan) yang berkelamin jantan. Anakan yang berjenis hijau standar ini disebut split.
“Jadi apabila kita mengawinkan lovebird jantan biola green dan lovebird betina blue fischery, maka anakan yang dihasilkan sudah niscaya biola dan split. Harga lovebird split juga tidak mengecewakan mahal lho,” tambah Om Tony Music.
Bagaimana jikalau sebaliknya, di mana lovebird betina biola green dikawinkan dengan lovebird sayur betina? Semua anaknya mempunyai warna hijau standar (josan). Anakan yang berkelamin jantan mempunyai sifat split biola, sedangkan yang betina non-split (terputus gen biolanya).
Om Tony Music menambahkan, lovebird split biola jantan dapat dikawinkan dengan lovebird biola betina, alasannya sebagian anaknya nanti akan berjenis biola.
Selain lovebird biola, Om Tony Music juga melaksanakan banyak sekali ujicoba untuk menghasilkan mutasi warna yang bagus. Misalnya, split blue dikawinkan dengan euwing blue, di mana anaknya berjenis biola euwing blue yang harga jualnya jauh lebih mahal.
Begitu juga biola lutino dikawinkan dengan lovebird sayur (blue fischery), dengan cita-cita anaknya yang jantan berjenis split biola dan / atau split blue dengan harga Rp 7 juta – Rp 12 juta / ekor anakan.

Cara menjodohkan lovebird tanpa gelodok

Menjodohkan lovebird warna memang lebih sulit ketimbang lovebird suara. Pasalnya, kita tidak dapat begitu saja memasukkan calon induk betina dan jantan dalam sangkar koloni, apalagi kalau sangkar juga berisi beberapa lovebird lain yang hendak dijodohkan.
Dalam breeding lovebird warna, proses penjodohan harus lebih selektif, alasannya kita akan menjodohkan burung jantan dan betina yang sudah diseleksi menurut jenis warnanya. Kendala lainnya, kata Om Tony Music, lovebird warna dikenal sensitif dan agak susah birahinya.
Karena itu, calon induk harus menjalani proses perkenalan terlebih dulu/ Dalam hal ini, lovebird jantan dan betina siap produksi (umur 7-8 bulan) dimasukkan dalam sangkar kotak, tanpa gelodok.
Biarkan keduanya saling mengenal lebih dekat. Untuk mendongkrak birahinya, berikan pakan pelengkap / extra fooding (EF) menyerupai kangkung, tauge, jagung, biji bunga matahari (kwaci), ditambah sedikit fumayin.
Selama berada dalam sangkar kotak tanpa gelodok, perkembangan pasangan ini harus selalu dipantau. Jika sudah terlihat beberapa kali kawin, pindahkan ke sangkar beeding yang sudah dilengkapi dengan gelodok.
“Kalau gres saja berjodoh eksklusif dimasukan ke sangkar gelodok, biasanya induk betina akan menguasai gelodok.  Induk betina akan sering memasuki gelodok ketimbang berduaan dengan pasangannya. Kawinnya pun akan lama, dan ini hanya buang-buang waktu saja,” terperinci Om Tony Music.
semoga bermanfaat
disunting dari www.omkicau.com

0 Response to "Kupas Tuntas! Mencetak Lovebird Biola Dengan Modal Yang Ramah Dikantong"

Total Pageviews