Latest News

Golongan Materi Pakan Dan Jenis Nutrisinya

Menurut asalnya materi pakan terbagi menjadi materi pakan hewani dan nabati. Sedangkan menurut sifatnya materi pakan terdiri dari hijauan dan konsentrat.Bila dilihat dari sumber zat gizinya materi pakan terdiri dari sumber energi, protein dan mineral.


Bila ditelaah secara internasional terdiri dari 8 golongan atau kelas, diantaranya :
  1. Roughages atau biasa disebut pakan agresif : merupakan materi pakan yang mengandung serat agresif tinggi ( lebih dari 18% ) dan rendah protein. Sebagai contoh: jerami padi, jerami jagung, hijaun yang kering, dll.
  2. Pasture atau green forage atau biasa disebut hijauan segar : merupakana materi pakan hijauan yang segar dan gres dipotong, menyerupai rumput yang baru dipotong, daun yang gres dipotong.
  3. Silage atau biasa disebut silase : merupakan materi pakan hijaua yang telah diawetkan melalui proses fermentasi, baik anaerob maupun aerob melalui sumbangan basil dan jamur.
  4. Sumber energi : merupakan materi pakan yang mengandung banyak energi dengan kandungan lebih dari 2250 Kkal.
    • Umbi-umbian : singkong, kentang, dll
    • Biji-bijian : jagung, shorgum, gandum, dll.
    • Minyak-minyakan : minyak sawit, kedelai, kelapa, dll.
    • Lemak hewan(tallaw)
    • Hasil samping industri pertanian : tetes, pollard, bekatul, dll
  5. sumber protein : merupakan materi pakan yang mengandung proteiin tinggi dengan kandungan lebih dari 20%. Pada umumnya materi pakan asal hewani.
    • Asal hewani : tp ikan, tp darah, tp daging, susu skim, dll
    • Kacang-kacangan / leguminosa : kacang tanah, kedelai, daun lamtoro, daun turi, dll.
    • Bungkil : kedelai, kapas, kelapa, dll.
  6. Sumber mineral : materi pakan yang mengandung beberapa mineral yang diharapkan badan ternak. sebagai teladan : garam, kapur, tp kulit kerang, dll.
  7. Sumber vitamin : materi pakan yang mengandung vitamin untuk ternak. Sebagai teladan : buah buahan, tauge, wortel,dll.
  8. Zat additive atau aksesori : zat pakan yang ditambahkan untuk tujuan tertentu dan ditambahkan untuk mencukupi kebutuhan gizi ransum, sebagai teladan : asam amino, pewarna supaya menarik, aroma, dll.

0 Response to "Golongan Materi Pakan Dan Jenis Nutrisinya"

Total Pageviews