Latest News

4 Tanda Kondisi Lovebird Siap Untuk Digantang Ke Lapangan


Mengenali dan memahami aksara serta perilaku lovebird merupakan salah satu hal yang penting dan wajib dilakukan oleh setiap pemain. Sebab, dari situlah kita dapat mengetahui apakah burung sudah siap untuk dilombakan atau membutuhkan sedikit penanganan sebelum benar-benar siap dibawa ke lapangan.
Dengan mengenali aksara dan perilakunya, kita juga akan segera tahu kapan lovebird benar-benar dalam kondisi top form, sekaligus  bisa mengenali perubahan yang terjadi pada perilakunya. Sebab, kalau tidak segera ditangani, lovebird cenderung akan bersifat bandel kalau tetap dibawa ke lapangan untuk dilombakan.
Lovebird yang akan dilombakan harus dalam kondisi siap tempur, mempunyai mental bagus, dan birahi stabil. Kondisi lain tentu saja yang akan menjadi nilai tambah, contohnya sikap selama lomba berlangsung, serta gaya dan bunyi yang dimilikinya.
Burung yang rajin bunyi atau gacor di rumah, belum tentu mau berbunyi dikala di lapangan. Semua ini memang tergantung dari training dan perawatan harian yang diberikan setiap hari.
Kondisi lovebird yang dianggap siap untuk dibawa ke lapangan antara lain:
  • Burung sudah cukup umur. Jika masih muda, tatatrik menyerupai disebutkan di atas dapat diterapkan.
  • Burung yang anteng di tenggeran dan jarang sekali merayap di sangkarnya.
  • Materi sudah memadai, menyerupai bunyi panjang, volume, serta kerajinan.
  • Burung dalam kondisi fit. Artinya tidak sedang mabung, bulu mulus, sehat, dan tidak murung.
Mengatasi lovebird kelewat / over birahi
Ada beberapa trik mengatasi lovebird yang kelewat / over birahi, menurut pengalaman beberapa pemain senior yang dihimpun Om Kicau :
  • Cara pertama
    Burung untuk sementara hanya diberi pakan berupa milet putih. Selain itu jangan dimandikan dulu, serta kurangi durasi penjemuran dari biasanya. Untuk sementara waktu pula, burung tidak perlu diberi jagung muda dan kangkung selama beberapa hari. Jangan lupa kandang burung dikerodong full.
  • Cara kedua
    Burung hanya diberikan pakan milet putih. Mandi dua kali sehari, dan kandang dikerodong full. Jika akan dilombakan, maka pada H-1 berikan kangkung 1 batang. Adapun pada hari lomba, derma kangkung ditingkatkan menjadi 2 batang.
  • Cara ketiga
    Burung dikawinkan atau diberikan pasangan. Cara ini memang lebih efektif dan menguntungkan, alasannya yaitu burung dapat bertelur dan menghasilkan keturunan. Sebab ada juga lovebird  yang sedang mengeram atau bawa anak, namun tetap dilombakan dan dapat juara. Misalnya lovebird Golden Boy yang fenomenal.
Dengan mengenali aksara dan perilakunya, kita juga akan segera tahu kapan lovebird benar-benar dalam kondisi top form, sekaligus  bisa mengenali perubahan yang terjadi pada perilakunya. 


semoga bermanfaat

sumber : www.omkicau.com

0 Response to "4 Tanda Kondisi Lovebird Siap Untuk Digantang Ke Lapangan"

Total Pageviews