Latest News

Pakai 4 Tips Dan Trik Ini Untuk Menciptakan Pleci Bersuara Lebih Lantang


Seperti diketahui, pleci merupakan burung koloni atau terbiasa hidup setrik berkelompok. Salah satu trik yang bisa membuat pleci lebih rajin berbunyi ialah memeliharanya bersama beberapa ekor burung sejenis, atau minimal rutin membawanya jalan-jalan semoga bisa bertemu burung sejenis dalam latberan atau gathering.
Selain itu, ada beberapa perjuangan lain untuk membuat pleci mempunyai penampilan maksimal, contohnya dengan  mengaturpakan dan perawatan harian.  Kali ini, kita hanya akan membahas trik membuat pleci semoga bisa memiliki  bunyi kicauan yang lebih keras atatu lantang daripada biasanya.
1. Mengembunkan setrik berjauhan
Pengembunan juga bisa memicu gairah burung pleci semoga bersuara lantang. Pengembunan sangat baik untuk burung kicauan.
Jika Anda memelihara pleci lebih dari 1 ekor, maka ketika pengembunan pastikan burung digantang saling berjauhan dan tidak saling melihat. Sebab begitu matahari mulai terbit, semua burung saling memanggil rekan-rekannya dengan bunyi cukup keras.
Di sini Anda bisa memperhatikan mana burung yang sekiranya bakal menjadi burung bagus, dengan trik memperhatikan siapa yang bersuara paling lantang.
2. Mandi dan jemur bersama-sama
Setelah matahari terbit, atau sekitar pukul 06.00 – 06.30, burung bisa dimandikan. Dalam hal ini, burung dimandikan bersama-sama, dengan mendempetkan sangkar-sangkar mereka, kemudian mulai disemprot satu persatu, sambil memasukkan air higienis dalam jumlah banyak dalam cepuk minum atau kolam mandi.
Bisa juga menggunakan karamba mandi setrik bergantian, atau tetapi sangkar-sangkar tetap berada di dekar karamba.
3. Saatnya pemasteran
Setelah itu, bersihkan sangkar dan jangan mengganti air minum dan pakannya. Selanjutnya, burung pleci dijemur dengan sangkar berjejer.
Saat penjemuran, burung-burung pleci bisa diperdengarkan bunyi masteran atau bunyi lainnya yang bisa memancingnya untuk berbunyi.
4Mengistirahatkan burung pada malam hari
Biasakan burung pleci beristirahat pada malam hari. Buat pleci Anda senyaman mungkin dengan memberi kerodong pada sangkarnya, tanpa terusik oleh apapun yang bisa mengganggunya.
Dengan memberi waktu istirahat yang cukup, maka burung akan mempunyai energi maksimal pada keesokan harinya, yang akan digunakannya untuk beraktivitas termasuk berkicau.
Salah satu trik semoga burung bisa beristirahat tenag di malam hari ialah mematikan lampu ruangan di mana pleci berada, atau mengganti lampu yang dipakai dengan lampu berdaya kecil.
Biasanya burung akan mulai saling ngeriwik, kemudian berlanjut dengan bunyi kicauan ngototnya yang lantang.  Dari sini pula Anda bisa memperhatikan mana pleci yang mempunyai prospek sebagai burung lomba.
Setelah penjemuran  (durasi tergantung kebiasaan Anda menjemur), burung segera dianginkan di daerah teduh. Setelah beberapa menit, burung-burung dikerodong atau masing-masing burung setrik terpisah digantang di daerah yang adem untuk beristirahat sampai sore hari.
Sore hari antara pukul 15.00 – 16.00, burung-burung pleci dikumpulkan di daerah penjemuran yang biasa digunakan, dengan trik berdempetan atau berjejer.
Setelah pukul 17.00, sangkar dibersihkan dan jangan lupa mengganti pakan dan air minumnya. Kini pleci-pleci bisa dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat.
Lakukan semua ini setrik rutin, maka dalam beberapa hari akan muncul salah satu atau beberapa burung yang menampakkan kemampuan di atas rata-rata, yaitu rajin berkicau dengan lantang. Beberapa hari berikutnya, burung pun siap dilombakan.
Namun kalau dalam beberapa hari belum mendapat pleci yang diinginkan, jangan berputus asa dahulu. Cobalah tambah momongan pleci atau tukarkan pleci yang tak mau bersuara dengan rekan Anda sesama plecimania, kemudian pantau perkembangannya.
Sebab, ada kalanya pleci yang tidak mau berbunyi mendadak rajin bunyi begitu bertemu dengan koloni yang gres dikenalnya. Karena itu, Anda bisa saling tukar-menukar pleci yang tak mau bunyi dengan teman yang juga mempunyai pleci yang enggan berbunyi, dengan syarat semuanya berjenis kelamin jantan!.
semoga bermanfaat
sumber www.omkicau.com

0 Response to "Pakai 4 Tips Dan Trik Ini Untuk Menciptakan Pleci Bersuara Lebih Lantang"

Total Pageviews