Latest News

11 Langkah Merawat Dan Melatih Lovebird Balibu Menjadi Fighter



Proses perawatan Lovebird tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kicau mania harus jeli menentukan materi Lovebird kekean yang memiliki sifat fighter dan latah. Selain itu, bunyi ngekek panjang juga menjadi faktor penting dalam evaluasi lomba Lovebird.


Cara merawat dan melatih Lovebird Paud atau Balibu

Perawatan harian Lovebird Paud cukup sederhana, yaitu 
  1. selama 2-3 ahad Lovebird dimasukkan dalam sangkar battery. Dalam perawatan ini, Lovebird Paud diberi dua tangkringan yang masing-masing dikasih pakan dan wadah air.
  2. Penggunaan dua tenggeran bertujuan untuk melatih otot sayap dan dada, sehingga penapasan Lovebird Paud lebih panjang. Selain itu, pakan dan wadah air difungsikan semoga Lovebird Paud lebih aktif bergerak ketika meraihnya.
  3. Pakan harian Lovebird Paud cukup milet putih dan jagung muda. Tak hanya itu, dalam beberapa hari sekali Lovebird Paud juga harus diberi pakan suplemen atau extra fooding (EF) berupa kangkung segar, kwaci 5-6 biji yang sudah dikupas, dan egg food untuk meningkatkan stamina.
  4. Selain pakan suplemen milet putih dan jagung muda, Anda juga dapat memberi daun bayam, daun gingseng, daun binahong, dan pucuk daun mengkudu. Pemberian pakan suplemen ini dilarang terlalu sering hanya beberapa kali saja sesuai kebutuhan Lovebird.
  5. Manfaat jagung muda untuk memperkeras bunyi Lovebird Paud pada ketika lomba. Manfaat daun bayam untuk memulihkan tenaga sesudah mengikuti lomba. Manfaat daun gingseng untuk menjaga kesehatan ketika Lovebird terlihat kurang sehat. Manfaat daun binahong untuk mengobati burung yang sedang sakit. Manfaat pucuk daun mengkudu untuk mengkristalkan bunyi Lovebird Paud dan agar terdengar lebih nyaring.
  6. Untuk mandi, Lovebird Paud dimandikan dalam keramba atau kolam mandi kecil dalam sangkar. Memandikan Lovebird baby setrik rutin akan membuat napas dan suaranya menjadi panjang.
  7. Setelah mandi, Lovebird dijemur semoga lebih sehat dan membantunya menghilangkan kutu atau benalu yang tinggal dalam bulu-bulu Lovebird. Penjemuran Lovebird Paud menjadikannya lebih rajin berbunyi.
  8. Perawatan Lovebird Paud tadi dapat diselingi dengan latihan untuk meningkatkan mentalnya. Cara melatih mental Lovebird Paud dapat dilakukan dengan menempatkan sangkarnya di keramaian, ibarat bersahabat mesin diesel, mesin pengelasan, di pinggir jalan yang penuh dengan kemudian lalang motor serta mobil, dan lain-lain.
  9. Cara melatih Lovebird Paud lainnya dapat dengan masteran burung setrik langsung. Maksudnya, Lovebird Paud didekatkan dengan burung yang sering berkicau ramai, di antaranya Kenari, Cililin, Tengkek Buto, dan burung Pelatuk.
  10. Lovebird Paud dibawa ke latberan dua ahad sekali untuk menaikkan mental tarungnya. Dengan membawa Lovebird Paud ke gantangan, ia akan terbiasa dan menyesuaikan diri dengan suasana lomba.
  11. Anakan Lovebird yang masih muda, sebaiknya jangan terlalu sering dipertemukan dengan Lovebird lain. Hal ini dilakukan semoga ketika nanti bertemu di koloni atau di lomba maka Lovebird akan pribadi buka suara. Kalau di kehidupan kita, hal ini ibarat dengan reuni atau bertemu mitra usang dapat juga diartikan bertemu lawan lama.
Butuh kesabaran dalam merawat Lovebird Paud. Anda tidak perlu buru-buru dalam mengikutkan lomba Lovebird Paud. Pastikan dulu Lovebird benar-benar siap mengikuti lomba dan jangan nekat gantang alasannya ialah dapat merusak burung tersebut.

semoga bermanfaat
disunting ulang dari www.burungnya.com

0 Response to "11 Langkah Merawat Dan Melatih Lovebird Balibu Menjadi Fighter"

Total Pageviews