Latest News

Cegah Prolapsus Dengan Mencukupi Kalsium-Magnesium Pada Pakan Ternak

Beberapa Penyebab kasus PROLAPSUS Pada Ternak

Dari sekian banyak artikel yang pernah aku baca, seminar yang aku ikuti, tidak ada yang secara spesifik dapat menjelaskan apa yang secara spesifik menjadikan prolapsus.

Prolapsus dapat terjadi pada binatang jantan maupun betina, pada sapi, kambing, kuda, domba, kerbau dan sebagainya. Kalo jantan biasanya prolapsus pada rektum/anus. Kalo betina biasanya terjadi pada uterus/rahim. Tentu saja dapat sebagian dapat keseluruhan.

Bagi sebagian besar peternak, ini tragedi mengerikan. Bagi sebagian Tukang Jagal, ini berkah. Dokter Hewan ketiban sampur nya. Bagi sebagian yang lain, ini biasa saja...

Yang niscaya prolapsus ini terjadi dikala binatang merejan dan klarifikasi yang paling masuk nalar ialah begini :

1. Ketika merejan, syaraf yang bertugas menutup otot sphynter (otot pada lubang) tidak berfungsi dengan baik alasannya ialah kekurangan/defisiensi kalsium-magnesium. Kalsium ialah mineral utama yang bertugas menyambung komunikasi antar sel syaraf.

2. Ketika merejan, binatang tidak dapat "nge-REM" alasannya ialah kekurangan/defisiensi energi untuk melaksanakan pengereman dan menutup otot sphyncter

3. Mungkin memang bawaan lahir, genetik...

Jadi, sangat penting untuk memastikan suplai kalsium-magnesium cukup. Sertakan mineral mikro ORGANIK sebagai suplemen utamanya.

Sangat penting untuk memastikan stock energi juga cukup, terutama dimasa simpulan kebuntingan sampai 2 ahad sehabis melahirkan..

Salam,
Dokter Deddy (Sumber status fb)

0 Response to "Cegah Prolapsus Dengan Mencukupi Kalsium-Magnesium Pada Pakan Ternak"

Total Pageviews