Latest News

Cara Meningkatkan Kualitas Jerami Jagung Dengan Amoniasi

Cara Amoniasi Jerami Jagung Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kualitas Kecernaannya

Dengan metode amoniasi sederhana maka Jerami jagung yang sudah kering dan mempunyai tingkat kecernaan (TDN) yang rendah sanggup mempunyai tingkat kecernaan lebih baik. Dengan meningkatnya nilai kecernaan jerami jagung tentunya akan semakin sanggup termanfaatkan oleh ternak sebagai salah satu jenis pakan alternatif.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk pembuatan jerami jagung amoniasi

1) Jerami jagung
2) Urea
3) Molases

Peralatan:
1) Timbangan
2) Plastik
3) Ember
4) Skop
5) Cangkul
6) Sendok
7) Alat penyiram

Cara Membuat Jerami Jagung Amoniasi:
  • Perlakuan amoniasi jerami jagung :- 4 kg urea- 100 kg materi kering jerami jagung
  • Cara perlakuan :- Urea (4 kg) dicampur dengan air 100 liter- Kemudian jerami padi disiram air larutan urea sampai merata lapis perlapis- Kemudian tutup dengan plastik, sampai kedap udara- Diamkan selama 1-2 ahad untuk proses amoniasi
  • Proses amoniasi sanggup dilakukan di dalam kawasan khusus contohnya drum bekas atau di kawasan lainnya, yang ditutup dengan plastik kedap udara.
  • Proses amoniasi jika tepat ditandai tekstur jerami relatif lebih mudahputus, berwarna kuning bau tanah atau coklat dan busuk monia. Untuk mengurangibau amonia, jerami harus dianginkan selama 1-2 jam sebelum diberikan pada ternak.
sumber : http://epetani.deptan.go.id/budidaya/amoniasi-jerami-jagung-untuk-pakan-ternak-di-desa-sumber-lor-kec-babakan-kab-cirebon-8449

0 Response to "Cara Meningkatkan Kualitas Jerami Jagung Dengan Amoniasi"

Total Pageviews