Latest News

Beasiswa Full Monbugakusho S1| D2|D3 Ke Jepang - Info Lowongan Kerja 2019

Pada Saat ini sekitar 2500 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut , sebagian besar ialah mereka yg mendapatkan beasiswa , baik dari pemerintah Jepang , instansi maupun perusahaan lainnya.

Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya , Medan dan Makassar setiap tahun melakukan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Beasiswa ini mencakup biaya studi dan biaya hidup , tanpa ikatan apapun.



Program ini ditujukan untuk siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas (S-1) , College of Technology (D-3) atau Specialized Training College (D-2) di Jepang. Pelamar hanya bisa menentukan 1 (satu) kegiatan dari S-1 , D-3 , atau D-2.

FASILITAS
  1. Biaya kuliah/pendidikan 100% dickelewat / over
  2. Tiket kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) - Jepang
  3. Tunjangan ¥117.000/bulan (Besar pemberian tahun 2015. Untuk tahun 2016 dan tahun selanjutnya ada kemungkinan mengalami perubahan)
  4. Tanpa ikatan dinas

Beasiswa Monbugakusho tahun ini bakal dibuka Mei 2016. Berikut ialah persyaratan umum dari 3 jenis Monbugakusho:

1. UNDERGRADUATE (S-1)

Masa studi 5 tahun termasuk 1 tahun berguru Bahasa Jepang (kecuali jurusan kedokteran umum , gigi , binatang , dan sebagian farmasi usang masa studi ialah 7 tahun).

Syarat:
lulusan Sekolah Menengan Atas dan sederajat; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8 ,4
Bagi pelamar yg nilai rata-rata UN-nya kurang dan ingin menentukan bidang studi S-1 IPS , bisa mendaftar dengan JLPT level N3 atau lebih (bagi yg mempunyai JLPT).
(** Syarat ini ialah untuk pendaftaran yg kemudian dan bakal berubah untuk pendaftaran tahun depan. Pendaftaran berikutnya bakal dibuka Mei 2016 )

Pelamar Sekolah Menengan Atas atau sederajat jurusan IPS/ Bahasa atau bidang ilmu sosial tidak bisa mendaftar bidang studi IPA , tetapi untuk jurusan IPA atau bidang teknik bisa mendaftar bidang studi IPS atau IPA.

Materi ujian tertulis:
IPS-a ,b: Bahasa Inggris , Matematika , dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)
IPA-a: Bahasa Inggris , Matematika , Kimia , dan Fisika
IPA-b ,c: Bahasa Inggris , Matematika , Kimia , dan Biologi

Pilihan Bidang Studi (terbagi dalam 5 lingkup Bidang Studi Utama): 
Pelamar hanya bisa menentukan Keliru satu saja diantara 5 lingkup bidang studi utama di bawah.
IPS-a: Law , Politics , Pedagogy , Sociology , Literature , History , Japanese language , others.
IPS-b: Economics , Business Administration
IPA-a: Science (Mathematics , Physics , Chemistry) , Electric and Electronic Studies (Electronics , Electrical Engineering , Information Engineering) , Mechanical Studies (Mechanical Engineering , Naval Architecture) , Civil Engineering and Architecture (Civil Engineering , Architecture , Environmental Engineering) , Chemical Studies (Applied Chemistry , Chemical Engineering , Industrial Chemistry , Textile Engineering) , other fields (Metallurgical Engineering , Mining Engineering , Maritime Engineering , Biotechnology).
IPA-b: Agricultural studies (Agriculture , Agricultural Chemistry , Agricultural Engineering , Animal Science , Veterinary Medicine , Forestry , Food Science , Fisheries) , Hygienic studies (Pharmacy , Hygienics , Nursing) , and Science (Biology).
IPA-c: Medicine; Dentistry

2. COLLEGE OF TECHNOLOGY (D-3)

Masa studi 4 tahun termasuk 1 tahun berguru Bahasa Jepang. College of Technology mempunyai kegiatan 5 tahun yg dirancang bagi lulusan SMP. Siswa akseptor Beasiswa Monbukagakusho (lulusan Sekolah Menengan Atas dan sederajat) bakal masuk College of Technology sebagai mahasiswa tahun ketiga. Studi teknik sebagian besar terdiri dari eksperimen / percobaan dan latihan-latihan praktek. Lulusan dari sekolah ini diperlukan menjadi hebat teknik (engineer).

Syarat:
lulusan Sekolah Menengan Atas dan sederajat , jurusan IPA saja; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8 ,0;
(** Syarat ini ialah untuk pendaftaran yg kemudian dan bakal berubah untuk pendaftaran tahun depan)

Materi ujian tertulis:
Matematika , Kimia/ Fisika (sesuai dengan kategori jurusan ibarat tertulis di bawah) dan Bahasa Inggris

Pilihan Bidang Studi:
* Hanya sanggup menentukan Keliru satu saja antara Kimia atau Fisika
Kimia : Materials Engineering
Fisika : Mechanical Engineering , Electrical and Electronic Engineering , Information-Communication and Network Engineering , Architecture , Civil Engineering , Maritime Engineering , dll.

3. SPECIALIZED TRAINING COLLEGE (D-2)

Masa studi 3 tahun termasuk 1 tahun berguru Bahasa Jepang. Specialized Training College terpisah dari sistem pendidikan Jepang yg biasa. Sekolah ini mengatakan training mudah kejuruan.

Syarat
lulusan Sekolah Menengan Atas dan Sederajat; nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8 ,0; lahir antara tgl. 2 April 1994 hingga dengan tgl. 1 April 1999. Bagi pelamar yg nilai rata-rata Ujian Nasional dibawah 8 ,0 , sanggup melamar kegiatan D-2 dengan melampirkan Japanese Language Proviciency Test (JLPT) level N4 atau lebih (bagi yg mempunyai JLPT).
(** Syarat ini ialah untuk pendaftaran yg kemudian dan bakal berubah untuk pendaftaran tahun depan)

Materi ujian tertulis:
Bahasa Inggris , Matematika , dan Bahasa Jepang (bagi pendaftar dengan JLPT)

Pilihan Bidang Studi:
* Hanya sanggup menentukan satu bidang studi di bawah.
- Technology
- Personal Care and Nutrition
- Education and Welfare
- Business
- Fashion and Home Economics
- Culture and General Education
- dll

Catatan :
  1. Bagi sekolah yg tidak menggunakan standar nasional (contohnya dengan standard IB/Internasional) , nilai bakal disetarakan sesuai di atas. Maka bagi pelamar dengan latar sekolah sistem Internasional , diharap menyertakan rapor dari semester awal hingga akhir.
  2. Semua soal ujian dalam bahasa Inggris.
  3. Lulusan dari S-1 bisa meneruskan ke S-2 , dan lulusan D-3 dan D-2 bisa meneruskan ke S-1 sebagai siswa tahun ketiga. Namun untuk melanjutkan beasiswa , tergantung pada prestasi dan hasil seleksi. Para siswa tentunya Musti mengikuti ujian masuk dan masa perpanjangan beasiswa maksimal 2 tahun.


PROSEDUR SELEKSI
  1. Pengumuman seleksi dokumen bakal ditampilkan di website kedutaan Jepang. Bagi yg lolos seleksi dokumen bakal dipanggil untuk mengikuti ujian tertulis di Jakarta/ Surabaya/ Medan/ Makassar.
    *Tidak semua pelamar bakal lolos seleksi dokumen dan dipanggil ujian tertulis.*
  2. Mereka yg lolos ujian tertulis bakal dipanggil untuk wawantrik di Jakarta.
  3. setelah seleksi wawantrik saya bakal merekomendasikan pelamar ke Monbukagakusho sebagai calon kandidat dari Indonesia , dan berkasnya bakal bersaing dengan berkas pelamar dari negara lain yg juga direkomendasikan ke pihak Monbukagakusho dalam penyeleksian nilai dan berkas tahap selesai di pihak Monbukagakusho.
  4. Mereka yg lolos seleksi selesai di Monbukagakusho bakal menjadi akseptor beasiswa.

PROSEDUR PENDAFTARAN
  1. Hanya pelamar yg memenuhi persyaratan di atas saja yg boleh mendaftar.
  2. Mengisi formulir aplikasi yg sanggup didownload di sini:
    (saat ini belum tersedia , tersedia sekitar Bulan Mei 2016)

    Untuk pengisian Field of Study and Majors and Related Key Terms in Japan (pertanyaan no. 7 pada formulir) , sanggup dilihat di:
    Field of Studies S1 (PDF)
    ANNEX D3 (PDF)
    ANNEX D2 (PDF)
  3. Lakukan pendaftaran setrik online melalui link berikut (saat ini belum tersedia , tersedia sekitar Bulan Mei 2016 ) , kemudian cetak/print out e-mail konfirmasi pendaftaran online yg dikirimkan ke e-mail pelamar.
  4. Siapkan dokumen masing-masing 1 rangkap( Jangan melampirkan dokumen yg tidak diminta alasannya ialah tidak bakal menjadi materi pertimbangan dalam penyeleksian.): 
  • formulir aplikasi yg sudah diisi *Musti/harus*
  • lembar printout konfirmasi pendaftaran online *Musti/harus*
  • fotokopi Ijazah/Ijazah sementara yg dilegalisir/dicap lembap dari sekolah *Musti/harus*
  • fotokopi SKHUN/SKHUN sementara yg dilegalisir/ dicap lembap dari sekolah *Musti/harus*
  • fotokopi akta kemampuan Bahasa Jepang (JLPT) *bagi yg sudah mempunyai saja*
        5. Kirim via pos atau antar eksklusif dokumen di atas ke:
Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H.Thamrin 24 Jakarta 10350

Hanya pelamar dengan dokumen Komplit dan saya terima sebelum deadline saja yg bakal saya proses. Dokumen yg dikirimkan tidak bakal dikembalikan dengan alasan apapun.

Ada batasan umur untuk ketiga beasiswa di atas , yg bisa tidak sama-beda setiap tahunnya. Karena beasiswa berikut gres bakal dirilis Mei 2016 , kau bisa menanyakan wacana batasan umur dan pertanyaan lainnya ke Kedutaan Besar Jepang (Bagian Pendidikan: beasiswa@dj.mofa.go.jp)

SUMBER KLIK DI SINI
Share on Google Plus

About Unknown

Informasi Lowonagan Kerja Upodate Jangan Lupa Comment and Share dan Subscribe Video goo.gl/Yksd05 Follow Instagram : AkmalHwk

0 Response to "Beasiswa Full Monbugakusho S1| D2|D3 Ke Jepang - Info Lowongan Kerja 2019"

Total Pageviews