Latest News

Menjaga Birahi Kacer Tetap Stabil Dan Selalu On Ketika Lomba Dengan Cara Ini


Salah satu kunci terpenting supaya kacer selalu siap dilombakan yaitu menjaga supaya kondisi birahinya relatif stabil. Hal ini sering diabaikan oleh sejumlah kicaumania, sehingga burung tidak sanggup tampil maksimal ketika dilombakan.

Dalam banyak sekali lomba burung, kita sering melihat kacer yang tidak mau tampil ibarat biasanya, padahal selama ini sangat rajin berkicau. Beragam sikap ditunjukkan burung tersebut, contohnya sering naik-turun tenggeran tanpa mengeluarkan suara, ngeruji, hingga mengembangkan bulu-bulunya alias ngebalon.

Pengaturan birahi menjadi salah satu hal terpenting dalam perawatan kacer kualitas lomba. Hal itu dilakukan untuk menjaga kondisi dan mentalnya supaya tetap stabil. Kacer yang terlalu birahi (kelewat / over birahi / OB) tentu tidak akan sanggup tampil maksimal di lapangan, begitu juga jikalau birahinya kurang. 

Berikut ini beberapa tips mengatur birahi kacer supaya selalu siap lomba dan bisa tampil lebih maksimal.

  • Kacer untuk lomba sebaiknya menerima penanganan khusus yang berbeda dari kacer rumahan. Tujuannya supaya pemilik atau perawat lebih fokus dalam merawat dan menjaga kondisi burung tersebut.
  • Bagi yang terbiasa menunjukkan voer untuk kacernya, jangan terlalu sering gonta-ganti merek. Biasanya, kita gampang kepincut terhadap voer merek tertentu, hanya alasannya pakan tersebut juga dikonsumsi oleh kacer yang kebetulan juara.
    Terlalu sering gonta-ganti merek voer sanggup menurunkan penampilannya, bahkan tak jarang disertai dengan kotoran yang encer dan berbau. Dalam banyak kasus, kacer akan mengalami masa mabung lebih cepat. Kalau ingin mengganti voer dengan brand lain, lakukanlah setrik bertahap.
  • Menjaga settingan extra fooding (EF) ibarat jangkrik atau kroto. Settingan yang sempurna yaitu yang dipakai ketika kacer bertambah rajin bunyi sehabis diberi pakan serangga / jangkrik dalam jumlah tertentu. Settingan itulah yang dipakai dalam perawatan harian. Hal yang sama juga bisa diterapkan dalam mencari settingan khusus lomba.
  • Banyak kicaumana yang ingin mendengar kicauan kacernya dengan trik memperdengarkan suara masteran burung sejenis dari perangkat mp3. Tujuannya tentu untuk memancingnya supaya mau bunyi. Padahal jikalau hal ini terlalu sering dilakukan akan berdampak pada birahi kacer yang tidak stabil. Akibatnya, saat dilombakan, burung akan lebih banyak membisu atau selalu naik-turun tenggeran.
  • Kacer merupakan burung teritorial. Di alam liar, mereka selalu terlihat sendirian, atau bersama pasangannya saja untuk menjaga wilayah kekuasaannya dari kehadiran burung sejenis. Ketika memelihara kacer di rumah, sebaiknya tidak menggantangnya berdekatan dengan burung sejenis, atau burung jenis lain yang memiliki sifat teritorial lainnya ibarat murai batu. Hal ini untuk menjaga mental dan sifat fighternya.
  • Penjemuran pada waktu yang sempurna sanggup membantu menjaga kestabilan birahi kacer. Penjemuran itu tidak hanya sekadar memanaskan burung saja, tetapi juga bermanfaat mengusir kutu yang melekat pada kulit dan bulunya, juga untuk mengecas panas badan yang akan digunakannya ketika suhu hambar atau pada malam hari. Penjemuran yang ideal yaitu semenjak matahari terbit hingga sebelum panas terik / sekitar pukul 10.00.
  • Seminggu sekali, kacer perlu dilepas dalam sangkar umbaran (polier), untuk melatih pernafasannya supaya lebih panjang, membentuk dan memperkuat otot sayap dan dada, serta meningkatkan staminanya. Pengumbaran juga diyakini bisa mengatasi kacer yang terlalu birahi.
    Tetapi persoalan sangkar umbaran ini bersifat optional, alasannya banyak juga kacer jawara yang sama sekali tak mengenal sangkar umbaran, misalnya kacer Prahara yang pernah mengorbit di tangan Om WW Angga.
  • Seminggu sekali, kacer perlu menjalani terapi mandi malam, yang bertujuan menjaga kondisi birahinya tetap stabil. Terapi mandi malam sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan suhu dan cuaca pada ketika itu. Selain itu, mandi malam sebaiknya dilakukan pada waktu yang tidak terlalu larut.
  • Dengan melaksanakan contoh perawatan yang teratur dan tetap memperhatikan kondisinya, burung kacer akan bisa tampil lebih maksimal, sehingga sanggup membanggakan pemiliknya.
semoga bermanfaat

disunting dari omkicau.com

0 Response to "Menjaga Birahi Kacer Tetap Stabil Dan Selalu On Ketika Lomba Dengan Cara Ini"

Total Pageviews