Latest News

3 Tips Menggembleng Mental Burung Mb Muda Hutan Biar Makin Ngejoss


Penggemblengan mental pada murai kerikil bakalan juga bisa membantu mengubah huruf burung, terutama untuk memunculkan kembali sifat teritorialnya atau sifat fighternya. Jika murai kerikil bisa memiiki kembali sifat fighternya, maka mentalnya pun akan terbentuk serta menjadi makin rajin berkicau.

Ada beberapa trik penggemblengan mental pada murai kerikil bakalan. Namun untuk mengakibatkan murai benar-benar siap dengan kondisinya yang baru, tentu membutuhkan waktu dan kesabaran tersendiri bagi perawat / pemiliknya.
Voer atau non-voer 
Jika diperhatikan, banyak kicaumania yang memperlihatkan murai kerikil dengan pakan full serangga / extra fooding. Hal ini biasanya dilakukan para pemain lomba, semoga murai kerikil memilki bunyi kicauan yang lebih lepas dan mental lebih baik.
Hal yang sama sanggup Anda terapkan pada murai kerikil bakalan yang gres dibeli. Untuk membangkitkan kembali mental dan sifat teritorialnya, derma pakan full serangga harus makin ditingkatkan setiap hari. Dengan begitu, untuk sementara waktu, murai bakalan tidak diberikan training makan voer hingga kondisinya benar-benar sudah sangat fit.
Pada pekan-pekan pertama, berikan pakan serangga yang bervariasi ibarat satu cepuk kroto setiap pagi dan sore hari, beberapa ekor jangkrik, belalang, ikan kecil, ulat jerman, dan sebagainya. Pemberian pakan bervariasi tersebut bertujuan untuk memulihkan kondisinya yang sempat ngedrop sehabis beberapa hari berada di sangkar pengepul / pedagang.
1. Memunculkan sifat teritorialnya
Murai kerikil termasuk jenis burung dengan sifat teritorial murni. Di kawasan penyebarannya, mereka akan menguasai wilayah tertentu sebagai kawasan kekuasaannya, terutama untuk mencari pakan, mencari pasangan, serta kawin dan berkembang biak.
Jika mendengar atau melihat ada murai jantan lain memasuki kawasan teritorialnya, burung tersebut akan berusaha mengusir dengan mengerahkan segenap kemampuannya. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa burung dengan sifat teritorial sangat gampang ditangkap hanya dengan menggunakan jontrot / umpan.
Melatih murai kerikil gampang hutan agar mempunyai kembali sifat teritorialnya bisa dilakukan dengan menggantang sangkarnya pada satu tempat / lokasi saja. Pagi-pagi sekali, burung dikeluarkan untuk diembunkan di tempat yang sama hingga siang atau sore harinya. Perubahan tempat bisa dilakukan hanya dalam jarak yang tidak terlalu jauh, contohnya 2 – 3 meter dari posisi awal.
Dengan selalu menggantang sangkarnya pada tempat yang sama setiap hari, maka burung akan merasa menguasai wilayah tertentu, sehingga muncul sifat teritorialnya. Selain tu, selama masa terapi, jangan menggantang sangkar burung lain, khususnya kacer dan murai batu, di lokasi tersebut.
2. Mengasah mentalnya
Mengasah mental bisa dilakukan dikala murai kerikil sudah mempunyai sifat menguasai suatu wilayah / lokasi. Cara yang lazim dilakukan yaitu menggantang sangkar burung lain ibarat kacer atau murai kerikil lainnya tidak jauh dari sangkar burung tersebut.
Hal ini pun cukup dilakukan seperlunya saja, atau beberapa menit saja, atau bisa juga hingga burung mengeluarkan suaranya yang lantang. Setelah itu, mereka bisa dipisahkan kembali dalam jarak yang berjauhan.
Tujuan training ini yaitu memberi simulasi ibarat kondisi sesungguhnya di alam liar, yaitu dikala mereka mengusir burung lain yang masuk ke dalam wilayah teritorialnya. Cara ini tidak jauh berbeda dikala kita menggunakan beling / cermin untuk melatih mentalnya, namun lebih efektif kalau kita menggunakan burung yang lain.
Dengan melatih setrik rutin setiap beberapa hari / ahad sekali, maka mental murai makin terbentuk, sehingga burung akan selalu berada dalam kondisi prima dan siap dilombakan.
3. Hal-hal yang perlu diperhatikan
Selain menggembleng mental dengan trik di atas, Anda juga harus memperhatikan kebutuhan dan contoh perawatan yang lain. Hal ini sangat penting, khususnya untuk menjaga kondisi dan stamina murai kerikil semoga selalu fit, terutama dikala dipertemukan dengan burung lainnya.
Perawatan rutin ibarat pengembunan, mandi dan penjemuran setrik rutin bisa membuat murai kerikil selalu berada dalam kondisi segar. Selain itu, apabila burung sudah cukup mapan, Anda bisa mulai mengenalkannya dengan pakan voer untuk memudahkan perawatannya. Pemberian multivitamin juga sangat diharapkan untuk menjaga kondisinya semoga selalu aktif dan rajin berkicau sepanjang hari.
semoga bermanfaat
disunting dari omkicau.com

0 Response to "3 Tips Menggembleng Mental Burung Mb Muda Hutan Biar Makin Ngejoss"

Total Pageviews