Latest News

5 Cara Kembalikan Lovebird Yang Macet Dan Menambah Durasi Ngekeknya



Pemilik Lovebird Kusumo menyebarkan ihwal tips menambah durasi bunyi ngekek Lovebird. Om Sigit membagikan tips rahasianya ini alasannya berbagai kicau mania yang mengalami problem serupa. Lovebird yang dulunya ngekek panjang, kini ngekeknya menjadi pendek.

Penyebab durasi ngekek Lovebird berkurang

Penyebab penurunan durasi ngekek Lovebird ada beberapa faktor di antaranya, mabung atau ganti bulu, birahinya masih tinggi, dan kemasukan bunyi masteran burung Ciblek Sawah atau Ciblek Kebon.

Mengembalikan durasi ngekek Lovebird

  1. Setelah mabung selesai atau ketika bulu Lovebird sudah manis lagi, burung cukup diberi pakan milet putih saja. Ini dilakukan selama satu hingga dua minggu.
  2. Setiap pagi Lovebird diembunkan, lalu Lovebird juga diumbar selama 20-30 menit. Proses pengumbaran dilakukan dua kali dalam seminggu.
  3. Pada pagi hari, Lovebird dijemur maksimal 30 menit sebelum jam 8 pagi.
  4. Pada ketika siang hari, Lovebird tidak perlu dikerodong. Lovebird disimpan di lokasi yang udaranya sejuk atau kawasan yang sirkulasi udaranya lancar.
  5. Pada malam hari, sehabis solat Magrib, Lovebird dikerodong. Tapi sebelum dikerodong, Lovebird disemprot sekali dua kali pada serpihan dadanya atau Lovebird dianginkan semenit dua menit lalu eksklusif dikerodong. Terapi ini dilakukan untuk menurunkan birahi sehabis ganti bulu semoga durasi ngekek Lovebird kembali ibarat semula.

Menambah durasi ngekek Lovebird

  1. Setiap pagi Lovebird diembunkan dan diumbar dua kali dalam seminggu, durasinya 20-30 menit. Proses ini dilakukan sebelum matahari terbit.
  2. Setelah itu, Lovebird diambil dari sangkar umbaran dengan trik dipegang terus eksklusif disemprot serpihan dadanya. Kemudian masukkan Lovebird ke dalam sangkar harian.
  3. Lalu, Lovebird dijemur sebentar sekitar 15-20 menit dan dilanjutkan dengan proses mandi. Lovebird dapat dimandikan atau agarkan beliau mandi sendiri.
  4. Tunggu hingga bulu Lovebird mengering. Kalau bulu sudah mengering, Anda dapat eksklusif menjemur Lovebird. Mengapa bulu Lovebird tidak dikeringkan ketika dijemur? Kata Om Sigit, bulu Lovebird yang masih berair bila eksklusif dijemur, efeknya bulu menjadi gampang rusak, kestabilan kinerjanya berkurang, dan bulu Lovebird gampang jatuh.
  5. Perawatan Lovebird harian dimaster dengan bunyi Kenari standar kecil atau didampingi dengan burung Kenari yang hidup. Jarak burung Kenari dengan Lovebird sekitar 2-3 meter. Oh iya, bila siang Lovebird tidak perlu dikerodong.
  6. Usahakan Lovebird tidak kemasukan masteran bunyi burung Ciblek Sawah atau Ciblek Kebon. Sebab, bunyi burung Ciblek membuat bunyi Lovebird menjadi ngumpul dan tidak dapat menambah durasi.
  7. Kalau dapat Lovebird dikasih masteran burung Cucak Jenggot untuk membantu Lovebird mengambil napas. Terakhir, tambahkan bunyi materan burung Cililin, Sogok Ontong, Walang Kecek, dan Belalang Raja.
Satu hal yang harus Anda perhatikan, jangan pernah menggunakan bunyi masteran burung Ciblek Sawah atau Ciblek Kebon. Pasalnya, bunyi masteran burung tersebut dapat mengurangi durasi ngekek Lovebird dan sulit menambah durasinya lagi.

semoga bermanfaat
disunting dari burungnya.com

0 Response to "5 Cara Kembalikan Lovebird Yang Macet Dan Menambah Durasi Ngekeknya"

Total Pageviews