Latest News

Diracik Dengan Pakan Perkutut Sebelum Lomba, Lovebird Ini Konslet Di Dapangan


lovebird Melody diperolehnya dari salah seorang rekannya yang beternak lovebird. Hanya saja, rekannya memang hanya fokus breeding lovebird, dan tidak pernah main ke arena lomba. Setelah dicabut dari sangkar ternak, Om Angga mengkondisikannya selama beberapa hari, dan eksklusif menjajalnya di lapangan. Ternyata penampilan LB Melody saat digantang di lapangan, dikepung lawan-lawannya, justru makin menggila.

Keunggulan Melody antara lain durasi ngekeknya yang panjang, lebih dari 1 menit. Burung ini termasuk lovebird konslet, yakni lovebird dengan durasi ngekek di atas rata-rata, dan hanya jeda 1-5 detik saja, lalu ngekek lagi.
“Lovebird Melody memang sering konslet di lapangan, alasannya ialah umurnya juga sudah mapan, lebih dari dua tahun,” terperinci Om Angga Kusuma.
Berkat prestasinya selama ini, beberapa pemain pernah mendatanginya untuk meminang Melody. Yang menarik ialah saat Om Angga gres saja pulang mengikuti lomba burung di Kota Tegal.
“Saat itu, di depan rumah sudah ada kicaumania bersama motor Kawasaki Ninja 250 CC. Dia bermaksud ingin menukar Melody dengan sepeda motor kerennya, ha… ha… ha…,” tutur Om Angga sambil tertawa mengenang insiden tersebut.
Penawaran tersebut ditolaknya setrik halus, lantaran Om Angga Kusuma belum memiliki gaco pelapis yang kemampuannya setara dengan lovebird Melody.
Berapa sih harga Kawasaki Ninja 250 CC? Bervariasi, tergantung jenisnya, mulai dari Rp 45,2 juta (250 SL / RR Mono) sampai Rp 70,1 juta (250 ABS SE LTD). Namun semua itu harga motor dalam kondisi baru.
Mengenai perawatan lovebird Melody, Om Angga menganggapnya sama menyerupai lovebird lainnya. Setiap hari, burung diberi milet putih biasa.
Kalau mau dilombakan, maka dua hari sebelumnya (H-2), pakannya diganti dengan pakan perkutut. Pada hari lomba, pakan dikembalikan ke sajian harian, namun ditambah batang kangkung secukupnya.
Om Angga mewarisi hobi burung dari ayahnya. “Papa dulu pemain burung perkutut. Kalau aku awalnya main kacer dan kenari, kini lebih sering main di kelas lovebird,” jelasnya.

disunting dari omkicau.com

0 Response to "Diracik Dengan Pakan Perkutut Sebelum Lomba, Lovebird Ini Konslet Di Dapangan"

Total Pageviews