Latest News

Asupan Protein Tinggi 5 Pakan Ini Cocok Untuk Murai Kerikil Sobat.


Memilih pakan untuk murai watu dihentikan sembarangan. Selain dapat menyebabkan stres, pakan yang tidak sesuai juga akan memengaruhi kondisi kesehatannya, terlebih jikalau usia murai masih muda. Pada dasarnya ada 2 jenis pakan murai batu: yang alami dan buatan.

1. Kroto

Pakan alami yang paling sering diberikan kepada murai watu yaitu kroto atau telur semut rang-rang. Menurut penelitian, kroto merupakan sumber pangan bagi aves dengan protein yang cukup tinggi. Tidak salah kalau pakan ini selalu jadi konsumsi utama burung-burung kicau, terutama murai batu.
Namun, satu hal yang perlu diperhatikan yaitu berikan kroto dalam porsi secukupnya. Pemberian kroto setrik berlebihan konon dapat membuat burung kelewat / over berahi dan mabung sebelum waktunya.
2. Serangga Kecil

Serangga kecil mempunyai kandungan protein yang kurang lebih sama dengan kroto. Kandungan nutrisi jenis inilah yang sangat penting dan diharapkan untuk pertumbuhan burung, khususnya murai batu.
Serangga kecil jenis apa yang cocok diberikan kepada si murai? Jangkrik, belalang hijau, dan orong-orong dapat menjadi pilihan yang tepat. Hanya saja, sebelum memperlihatkan pakan jenis ini kepada burung kesayangan Anda, buang bab kepala, kaki, dan bulunya lebih dulu, lantaran bagian-bagian badan ini akan membuat murai watu sulit mencernanya.
3. Ulat
Selain kroto, belalang, jangkrik, dan orong-orong, makanan alami lain yang cocok diberikan pada murai watu yaitu ulat. Ulat mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi, sama menyerupai serangga. Jenis ulat yang cocok dijadikan pakan yaitu ulat bambu, ulat hongkong, ulat kandang, ulat kayu, ulat pohon, ulat daun pisang, dan sebagainya.
Namun, yang harus diperhatikan saat memperlihatkan ulat hongkong sebagai pakan yaitu mencukupkan porsinya. Pemberian ulat hongkong dalam jumlah berlebihan diyakini dapat memicu pembengkakan pada mata burung, bahkan katarak.
4. Cacing Tanah
Pakan alami lain yang cocok diberikan pada murai watu yaitu cacing tanah. Namun, sebaiknya Anda memastikan kebersihan si cacing lebih dulu sebelum dipakankan pada si burung. Hal ini perlu untuk memastikan kesterilan pakan supaya murai watu terhindar dari keracunan. Bagaimana triknya? Cukup merendam cacing dalam air higienis selama beberapa menit.
Selain itu, untuk menghindari terganggunya sistem pencernaan pada murai batu, pastikan bahwa cacing yang diberikan yaitu cacing segar—yang gres diambil dari dalam tanah.
5. Ikan Guppy

Sama menyerupai jenis pakan yang sudah disebutkan sebelumnya, ikan guppy juga mengandung protein dalam jumlah yang cukup tinggi. Bahkan, ikan ini dipercaya dapat menekan tingkat stres dan pada murai batu.
Teksturnya yang lunak dan ukurannya yang kecil membuat ikan guppy menjadi pakan favorit burung-burung kicau, termasuk murai batu.
Selain pakan di atas, jangan lupa untuk mengimbanginya dengan memperlihatkan pemanis atau vitamin, ya.
semoga bermanfaat
disunting dari jalaksuren.net

0 Response to "Asupan Protein Tinggi 5 Pakan Ini Cocok Untuk Murai Kerikil Sobat."

Total Pageviews