Latest News

Agar Kacer Menjadi Fighter, Ef Nya Jangan Sekadar Jangkrik. Coba Ini Juga


Untuk menguji dan melatih abjad bertarung (fighter) dari kacer hasil rawatan Anda, maka burung setrik teratur juga harus diadu. Pengertian diadu di sini bukan ditarungkan setrik fisik sebagaimana dilakukan para penggemar kacer dan hwamei di Tiongkok, melainkan dicoba dalam arena latber.
Bisa juga ditrek (gathering) dengan beberapa kacer lain di rumah. Kalau tidak mempunyai kacer lainnya di rumah, burung bisa ditrek dengan jagoan-jagoan muda milik rekan-rekan Anda. Latihan ini sanggup dilakukan seminggu sekali. Nah, ketika diadu, kita bisa mengetahui apakah volume kacer sudah cukup kenceng atau belum
setelan standar berupa dukungan 5 ekor jangkrik pada pagi hari serta 5 ekor lagi pada sore hari. Jika belum kenceng, coba dinaikkan menjadi 7 ekor pagi dan 7 ekor sore. Kalau masih kurang, dan kacer masih mau makan jangkrik, porsi bisa ditambah sedikit lagi.
Hati-hati ya dalam memperlihatkan jangkrik. Pastikan jangkrik harus segar dan bagus. Idealnya, jangkrik yang gres dibeli jangan eksklusif diberikan ke burung. Cobalah dikarantina selama beberapa hari, sambil diberi pakan sehat ibarat wortel dan sayuran bersih lainnya.
Agar kacer menjadi fighter, extra fooding (EF) jangan sekadar jangkrik. Anda bisa mengkombinasikan dengan kroto dan ulat hongkong. Tetapi semuanya harus dilakukan setrik telaten, perlu mengutak-atik alias trial and error.
Misalnya:
  • Apakah EF itu cukup diberikan pada H-2 (dua hari sebelum lomba), H-1, atau justru Hari-H.
  • Apakah EF diberikan mulai H-2 hingga Hari-H.
Silakan mencari dan mencari setelan tersebut, khususnya menjelang lomba, hingga ketemu settingan yang sesuai dengan abjad yang kita inginkan.
Begitu juga soal mandi. Apalah pada Hari-H burung perlu mandi atau tidak. Apakah sesudah di lapang burung perlu dibuka atau harus tetap dikerodong. Semua itu harus Anda cari sendiri setrik pelan-pelan.
Ada kalanya setelan kacer ini bisa diketahui setrik cepat, namun tidak sedikit pula kicaumanya yang membutuhkan waktu cukup lama. Ini bukan soal pemain senior atau pemula, tetapi bagaimana kita bisa menemukan setelan yang sempurna sesuai dengan abjad kacer itu sendiri.
Seseorang terkadang sabar mencari setelan si burung, kalau diketahui memang punya bahan bagus. Mungkin sangat fighter, volume tembus dan kristal, lagu merdu dan panjang. Tetapi burung mempunyai “adat” jelek, ibarat praktis mbagong ketika bertarung, atau suka ngelabrak jeruji, atau suka loncat-loncat dan turun ke bawah (dasar sangkar).
Setelan lain yang terkadang diperlakukan yaitu mengecas kacer andalan Anda dengan kacer betina sebelum lomba. Ini diharapkan jikalau trik-trik setelan melalui asupan EF belum bisa mengangkat birahi burung.
Karena itu, tak ada salahnya Anda menyediakan kacer betina, untuk mengecas kacer jantan sebelum lomba. Sebab dalam banyak sekali kasus, kacer gres mau gacor dan fight usaai dipancing birahinya lewat keberadaan burung betina.
Penulis H Rico Deziarfiansyah; pemain kacer, pemilik kacer Panglima Sumatera, ketika ini menjabat Ketua BnR Wilayah Sumbagsel.

0 Response to "Agar Kacer Menjadi Fighter, Ef Nya Jangan Sekadar Jangkrik. Coba Ini Juga"

Total Pageviews