Latest News

Gunakan 4 Cara Ini Untuk Mengatasi Burung Kacer Yang Suka Ngeruji


Kacer termasuk salah satu jenis burung favorit di Indonesia. Selain suaranya yang nyaring dan bervariasi, kacer juga memiilki penampilan sangat elegan, terutama ketika sedang bergaya ngobra. Tetapi di luar banyak sekali keistimewaannya, kacer juga kerap bermasalah, contohnya sering ngeruji.

Ngeruji merupakan istilah yang dipakai untuk menyebut sikap burung kicauan yang sering menempelkan tubuhnya pada jeruji sangkar. Lovebird, kenari, dan serindit sering berperilaku menyerupai itu, tapi jenis burung lainnya menyerupai pleci dan kacer pun bisa berperilaku yang sama. Jika hal itu terjadi ketika lomba, tentu penampilannya menjadi kurang maksimal.

Perilaku ngeruji pada burung kacer disebabkan oleh bebebrapa faktor, salah satunya kelewat / over birahi alias OB. Kondisi ini terjadi akhir mengkonsumsi pakan tinggi protein setrik berlebihan, atau hal lain yang diterapkan dalam perawatan hariannya.

Berikut ini beberapa solusi untuk mengatasi burung kacer yang kerap ngeruji:

1. Kurangi penjemuran
Penjemuran terlalu usang bisa meningkatkan birahi burung, tak terkecuali kacer. Karena itu, kalau kacer Anda terlihat sering ngeruji ketika bertemu burung lain, baik di rumah atau di lapangan, sebaiknya penjemuran dilarang dahulu untuk sementara waktu, atau setidaknya dikurangi durasi jemurnya.
Penjemuran sebaiknya dilakukan pada pagi-pagi hari sekali, ketika matahari mulai terbit, dan dilakukan cukup 20 – 30 menit saja setiap harinya. Selain itu, jangan menggantang sangkarnya terlalu bersahabat dengan burung peliharaan lainnya di rumah.
2. Perbanyak mandi
Mandi yaitu bentuk perawatan yang bisa menurunkan birahi burung setrik cepat. Kacer yang selalu ngeruji bisa dimandikan setrik rutin setiap pagi hari, bahkan kalau perlu memandikannya pada malam hari.
3. Kurangi pakan tambahannya
Terlalu berlebihan dalam memperlihatkan pakan embel-embel / extra fooding (EF) yang berprotein tinggi menyerupai kroto, jangkrik, dan ulat hongkong sanggup membuat birahi serta emosi burung menjadi tidak stabil. Sifat agresifnya makin meningkat sehingga memicu sikap ngeruji. Untuk mencegah sikap ngeruji kembali terulang, maka santunan EF sebaiknya dibatasi, agar birahi dan emosinya kembali normal atau stabil.
4. Berikan pakan alternatif
Pakan embel-embel alternatif sanggup membantu pemulihan pada kacer yang kerap ngeruji. Pakan alternatif bisa berupa buah-buahan menyerupai pisang / pepaya, maupun cacing tanah yang diberikan setiap beberapa hari sekali.
Selain beberapa solusi perawatan di atas, Anda juga bisa membiasakan melaksanakan pengembunan terhadap burung kacer yang kerap ngeruji. Pengembunan setrik rutin sanggup memulihkan burung yang stres, memperlihatkan kesegaran, dan mengurangi perilaku-perilaku jelek termasuk ngeruji.

semoga bermanfaat
sumber https://omkicau.com

0 Response to "Gunakan 4 Cara Ini Untuk Mengatasi Burung Kacer Yang Suka Ngeruji"

Total Pageviews