Latest News

Sukses Mencetak Paud Fighter Dan Ngekek Panjang, Dengan 15 Pasang Induk Lovebird.


“Sebagian di antaranya sudah di tangan pemilik barunya,” ujar Ki Ronggo dikala disambangi omkicau.com di rumahnya, Jalan Moch Kahfi, Brigif (Pinding) No 64, Ciganjur, Jakarta Selatan (WA 082 111 047 371).
Sudah banyak lovebird baby hasil penangkarannya yang moncer di lapangan. Misalnya Mutiara, Melati, Maimunah, Munaroh, Beby Mirna, dan sebagainya. Beberapa lovebird baby yang sudah berprestasi, namun masih di tangan Ki Ronggo, antara lain Mila dan Maya.
Tak hanya itu, Ki Ronggo juga sukses sebagai pencetak lovebird baby prestasi. Jumlah induk yang dimilikinya hanya dari 15 pasang, namun semuanya merupakan trah ngekek panjang (durasi 40 detik lebih). Sebagian di antaranya eks jawara lomba.
Lovebird baby hasil breeding Ki Ronggo rata-rata mempunyai durasi panjang dan bermental figher. Berapa banderolnya? Bervariasi, tapi pada kisaran Rp 1 juta / ekor. Tetapi kalau sudah berprestasi, harga tentu jauh lebih mahal.
Untuk anakan non-ring dan sudah dapat makan milet sendiri, harga sekitar Rp 800.000. Kalau anakan masih lolohan, harga lebih murau lagi: Rp 600 ribu.
Penangkaran lovebird yang dikelola Ki Ronggo ini memakai ring berkode BnR. Ada dua model sangkar yang dipakai, ialah sangkar battery dan sangkar koloni.

Anakan lovebird dirawat induknya

Anakan yang menetas dibiarkan dalam perawatan induknya hingga tumbuh bulu–bulu secara lengkap. Berdasarkan pengalaman, anakan yang dibesarkan induknya jauh lebih berkualitas. “Apalagi kalau induk mempunyai durasi ngekek panjang dan mental fighter,” jelasnya.
Namun kalau induknya terlihat galak, Ki Ronggo akan memisahkan anak-anaknya pada umur 2 minggu. Perawat akan meloloh anakan ini hingga dapat makan sendiri. “Tapi itu hanya induk tertentu saja, terutama yang galak terhadap anakannya,” lanjutnya.
Untuk memenuhi kebutuhan pakan, Ki Ronggo memberikan canary seed dan milet putih, diselingi irisan kangkung dan potongan jagung muda. Pemberian jagung diperbanyak kalau induk sedang bawa anakan.

Anakan yang sudah disapih dari induknya akan dipindah ke sangkar lebih besar. Di sangkar pembesaran inilah, anakan lovebird akan terus berkembang hingga mencar ilmu narik ngekek.
Pada umur 2,5 – 3 bulan, lovebird baby dipindah ke sangkar soliter dan dikondisikan dengan perawatan lomba, termasuk merutinkan mandi dan penjemuran.
semoga mengispirasi
sumber artikel: https://omkicau.com/2017/09/16/ki-ronggo-cetak-lovebird-baby-prestasi-dari-hasil-kebun-sendiri

0 Response to "Sukses Mencetak Paud Fighter Dan Ngekek Panjang, Dengan 15 Pasang Induk Lovebird."

Total Pageviews