Latest News

Empat Cara Ini Terkenal Untuk Melatih Nafas Lovebird Menjadi Panjang


Melatih olah nafas pada lovebird umumnya dilakukan semoga burung nantinya mempunyai bunyi kicauan dengan durasi lebih panjang daripada biasanya. Lovebird yang bersuara ngekek panjang tidak hanya berpeluang moncer di arena lomba, tetapi juga sanggup dimanfaatkan sebagai burung master.

Lovebird dengan bunyi ngekek panjang tentu sangat diidam-idamkan para pemiliknya. Bahkan semoga momongannya dapat memiliki bunyi ngekek dengan durasi lama, beberapa kicaumania memperlihatkan latihan “olah nafas”. Caranya pun bermacam-macam.

Metode olah nafas akan menyebabkan perbedaan pendapat, terutama soal efektivitasnya. Sama menyerupai jikalau kita membahas soal efektivitas penggunaan sangkar umbaran (polier) untuk murai batu, kacer, dan beberapa jenis burung kicauan lainnya.

Berikut ini bermacam-macam cara melatih olah nafas yang dilakukan oleh beberapa kicaumania dalam melatih lovebirdnya, dengan tujuan sanggup memperpanjang durasi ngekeknya:
1. Melatih lovebird dalam sangkar umbaran
Melatih stamina serta pernafasan lovebird memakai sangkar umbaran termasuk salah satu cara paling umum dilakukan para kicaumania di Indonesia. Kendati masih ada pro-kontra terkait efektivitasnya, banyak kicaumania yang menganggap jikalau mengumbar burung dengan cara yang sempurna sanggup menjadikan lovebird mempunyai nafas lebih panjang, sehingga sanggup memperpanjang pula bunyi ngekeknya.
2. Mengumbar lovebird dalam ruangan
Metode ini berbeda dari mengumbar burung di sangkar umbaran. Di sini, Anda sanggup mengumbar burung di dalam ruangan, untuk memperlihatkan ruang terbang yang cukup luas: lebih luas daripada di sangkar umbaran.
Lepaskan lovebird dalam sebuah kamar yang telah tertutup rapat dan disediakan beberapa benda sebagai daerah bertenggernya.

Namun perlu juga diperhatikan keamanan dan keselamatan burung itu sendiri. Karena dalam banyak kasus, burung terlalu bersemangat terbang sehingga malah menabrak dinding tembok atau jendela kaca.
Untuk itu, sebelum melaksanakan metode ini, jauhkan benda-benda yang berbahaya. Anda juga sanggup menutup jendela atau cermin dengan kain.
3. Melatih lovebird berenang
Salah satu metode yang sedang ngetren dalam beberapa bulan terakhir ini yakni melatih lovebird berenang dalam sebuah bejana / wadah berisi air. Cara ini mungkin terbilang ekstrem. Tujuannya tak lain supaya lovebird mempunyai nafas yang lebih panjang daripada sebelumnya.
Dalam hal ini, badan lovebird dicelupkan dalam sebuah wadah berisi air, dan biarkan burung berenang di dalamnya. Namun cara-cara menyerupai ini sebaiknya tidak terlalu sering dilakukan, dengan pertimbangan air sanggup masuk ke dalam rongga hidung lovebird dan sanggup menyakitinya. Meski begitu, masih banyak kicaumania yang melakukannya demi mendapat apa yang diinginkannya.
4. Melatih nafas dengan cara mandi semprot
Mandi semprot juga menjadi salah satu cara melatih olah nafas lovebird. Cara ini dianggap paling aman, terutama dibandingkan dengan metode berenang. Cara mandi semprot yang benar yakni sebagai berikut:
  • Pada pagi hari, lovebird disemprot hingga berair kuyup dengan menggunakan hand-sprayer, dengan setingan halus. Setelah itu, burung dijemur hingga pukul 10.00.
  • Siang harinya, burung kembali disemprot hingga berair kuyup, kemudian dijemur hingga pukul 12.00.
  • Setelah itu, lovebird dipindahkan ke daerah biasa / teduh. Biarkan burung beristirahat atau sanggup juga dimaster hingga sore hari.
  • Lakukan terapi ini secara rutin setiap hari hingga terlihat perkembangannya.
Itulah beberapa metode yang dilakukan kicaumania dalam melatih olah nafas lovebird semoga mempunyai nafas dan bunyi ngekek yang lebih panjang.

semoga bermanfaat
disunting dari www.omkicau.com

0 Response to "Empat Cara Ini Terkenal Untuk Melatih Nafas Lovebird Menjadi Panjang"

Total Pageviews