Latest News

Lovebird Paudnya Kurang Aktif Atau Jarang Bunyi? Coba Tips Ini


Selalu ada beberapa individu lovebird yang selama dirawat hanya membisu saja, terutama lovebird muda yang berumur 3 – 7 bulan. Jika kebetulan Anda mempunyai lovebird muda yang aktif atau jarang bunyi, maka harus segera dilakukan perubahan contoh pakan dalam rawatan hariannya.

Ada beberapa faktor yang menimbulkan lovebird muda kurang aktif dan jarang bunyi, antara lain:
  • Pakan kurang lengkap.
  • Pakan komplemen yang menciptakan burung cenderung ngantukan / malas-malasan.
  • Burung kurang mandi.
  • Burung kurang jemur.
  • Birahi burung secara genetik kurang jos.
Untuk mengatasinya, hal pertama yang sanggup Anda coba yaitu mengubah hidangan pakannya. Pakan utama sebaiknya diberikan dalam bentuk oplosan, yang terdiri atas :
  • 1.000 gram (1 kg) milet warna putih
  • 100 gram milet warna merah
  • 100 gram jewawut merah
Note: Porsi per komponen pakan sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan, yang penting proporsinya sama. Misal bila milet putihnya 500 gram, maka milet merah dan jewawut merah masing-masing 50 gram.
Semua pakan bijian tersebut dicuci terlebih dulu dengan air higienis sebelum digunakan. Tujuan pembersihan untuk menjamin pakan benar-benar higienis dari bakteri, cacing, dan kotoran yang sanggup menggangu organ-organ pencernaan burung.
Pencucian sampai higienis harus dilakukan bila Anda membeli pakan dalam bentuk kiloan. Sebab seringkali ketika membersihkannya dengan air bersih, kita akan mendapati kotoran-kotoran dalam bentuk pasir kecil, kotoran tikus, kulit biji yang rusak, kutu, dan sebagainya,
Pakan komplemen atau extra fooding (EF) sanggup berupa jagung muda yang bagus atau jagung sayur. Adapun dukungan kangkung distop dulu, alasannya yaitu sebagian besar lovebird lovers menganggap dukungan kangkung pada burung muda cenderung menciptakan burung sering malas-malasan.
Sebagai gantinya, Anda sanggup menunjukkan biji bunga matahari atau biji kuaci sebenyak 5 – 10 biji. Pakan ini sanggup diberikan beberapa kali dalam seminggu.
Untuk lovebird yang malas bunyi dan kurang aktif, frekuensi mandi sanggup ditambah. Misalnya setiap 1-2 jam sekali. Durasi penjemuran juga sanggup ditingkatkan.
Untuk menjaga stamina dari burung sehingga mempunyai energi cukup untuk beraktivitas dan mengeluarkan bunyi panjang-panjang, berikan multivitamin seperti BirdVit 2-3 kali dalam seminggu.
Dengan perawatan menyerupai ini, maka dalam waktu sekitar 1-2 ahad akan terlihat perbedaan performa dari lovebird muda Anda. Burung relatif lebih aktif, dan rajin bunyi.

semoga bermanfaat
disunting dari omkicau.com

0 Response to "Lovebird Paudnya Kurang Aktif Atau Jarang Bunyi? Coba Tips Ini"

Total Pageviews