Latest News

Lovebird Teman Sangat Giras Dan Liar? Ini Tips Untuk Menjinakkannya


Lovebird termasuk jenis burung yang simpel dan cepat beradaptasi, serta simpel jinak. Kendati demikian, tidak semua individu lovebird mempunyai aksara ibarat itu. Terkadang kita menjumpai lovebird yang giras banget atau sangat liar.
Sebagian lovebird mania mungkin akan mengalah menghadapi momongannya yang ibarat itu, kemudian menentukan untuk menukarkan burung yang sangat giras itu dengan lovebird yang sudah jinak.
Lovebird yang sudah jinak, atau dalam kondisi tidak takut lagi terhadap manusia, tentu lebih simpel dilatih supaya sanggup mempunyai mental dan suara ngekek yang lebih baik. Selain itu, lovebird sanggup tampil lebih maksimal tanpa rasa takut ketika dihampiri juri ketika sedang dilombakan.
Merawat burung yang masih giras memang cukup merepotkan, sebab burung selalu merasa tak damai / ketakutan ketika dihampiri pemiliknya ketika memberi pakan atau membersihkan sangkarnya. Selain itu, kondisi ini juga akan menciptakan lovebird menjadi jarang berbunyi dan tidak fokus terhadap bunyi masterannya.
Untuk menjinakkan lovebird yang terlalu giras, tentu diharapkan teladan perawatan harian yang teratur, disertai pula dengan terapi-terapi atau training untuk membuatnya cepat jinak. Salah satu bentuk terapi yang cukup umum di kalangan lovebird mania yaitu memandikannya sampai berair kuyup.
Berikut ini tahap-tahap penjinakan lovebird yang terlalu giras, yang dimulai dari cara memandikannya sampai berair kuyup sampai proses penjinakannya.
Sebelum memulai training atau terapi penjinakannya, lovebird mania perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:
  • Keluarkan lovebird pada pagi hari, kemudian digantang di kawasan teduh.
  • Jangan pribadi menjemur lovebird sebelum diberikan terapi, sebab penjemuran justru menciptakan lovebird simpel panas dan naik birahinya sehingga menyulitkan tahap pelatihannya.
  • Mengurangi pakan buah dan sayuran yang sanggup meningkatkan birahi ibarat apel merah, jagung, kangkung, bayam, tauge, dan lain-lain.
Cara memandikan lovebird sampai berair kuyup:
  1. Turunkan sangkarnya, kemudian keluarkan lovebird dengan cara dipegang tangan.
  2. Mandikan burung sampai berair kuyup dengan cara diguyur memakai air mengalir dari keran / selang yang ada di halaman atau kamar mandi. Cara lainnya yaitu memandikan dengan memakai air dalam bejana / ember.
  3. Selama memandikan lovebird, hindari supaya air tidak masuk ke dalam lubang hidung atau paruhnya sebab sanggup membuatnya tersedak dan rentan sakit.
Pelatihan supaya lovebird cepat jinak:

  • Setelah dimandikan sampai berair kuyup, lovebird diletakkan di atas sangkarnya.
  • Dengan kondisi bulu yang masih basah, lovebird tentu tidak akan kabur / terbang melarikan diri. Namun bila Anda masih khawatir, silakan lakukan cara tersebut di dalam ruangan / kamar yang tertutup.
  • Apabila lovebird sudah mau mematuki / menggigit jari tangan, tahap selanjutnya yaitu melatihnya supaya mau mengambil makanan dari tangan kita. Caranya yaitu meletakkan beberapa biji milet di atas telapak tangan, kemudian sodorkan kepada burung. Cara lain yaitu menempelkan milet pada lidi, kemudian diberikan kepada burung.
Untuk mendapat hasil lebih memuaskan, terapi penjinakan tersebut sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari dan dilarang sehabis burung mulai terlihat lebih jinak daripada sebelumnya atau tidak giras lagi.

semoga bermanfaat
disunting dari omkicau.com

0 Response to "Lovebird Teman Sangat Giras Dan Liar? Ini Tips Untuk Menjinakkannya"

Total Pageviews