Latest News

Mengatasi Kacer Yang Buka Ekor Sebentar Kemudian Mbalon Atau Mbedes Dikala Lomba


Untuk evaluasi lomba kacer yang diutamakan yaitu bunyi isian dan juga volume gaya tarung nagen serta ngobra buka ekor, maka pelu ditegaskan lagi bunyi isian yang manis dan juga volume yang keras yaitu kunci kemenangan lomba burung kacer tapi kalau burung kacer tidak mau buka ekor maka perlu dipelajari tingkah laris kacer yang tidak mau buka ekor dan dicari solusinya.

  • Buka Ekor sebentar kemudian mbalon atau mbedes
Kacer yang terlalu birahi biasanya sangat agresif, kalau melihat musuhnya menyerupai ingin menghajar dan nubruk ruji kandang tetapi pada ketika burung lawan mengeluarkan isian burung pribadi mbedes. Kasus menyerupai ini sanggup diatasi dengan cara dukungan ulat bumbung untuk meredakan birahinya serta sebelum naik gantangan burung sanggup diangin-anginkan dulu.

  • Kacer Tidak Buka Ekor dan Bunyi Monoton
Kurang birahi juga kasih jangkrik sekenyangnya dan jemur yang kuat biar birahi naik. Jangan lupa pemasteran setiap hari biar kacer tidak berkicau monoton.
  • Kacer Tidak Buka Ekor dan Hanya Lompat-Lompat
Biasanya burung masih muda dan belum mempunyai mental hanya akan membisu serta lompat-lompat saja, turunkan dari gantangan biar tidak stress dan kalah mental. Jangan ditrek dulu lebih baik fokus pada pemasteran dan perawatan harian, boleh dilatih seminggu sekali untuk mengasah mental.

  • Kacer Hanya Naik Turunkan Ekor Seperti Ciblek
Burung kacer yang nyiblek hanya naik turunkan ekor dan gak mau buka ekor harus diperbanyak dukungan EF dan juga jemur yang kuat, untuk mandi seminggu sekali saja biar birahinya cepat naik. Pemberian kroto yang berlebih sanggup menyebabkan nyiblek alasannya yaitu kroto akan menciptakan burung menjadi birahi tapi tidak emosi maka terjadilah nyiblek tadi. 

  • Kacer Tidak Mau Buka Ekor Karena Setingan Belum Pas
Untuk mencari setingan kacer yang pas yaitu dengan cara memperlihatkan full jangkrik pada ketika pagi hari dan hitung berapa jangkrik yang dimakan ketika 15 menit pertama maka itulah yang dijadikan patokan untuk mencari setingan pakan kacer. Untuk sore hari lakukan cara yang sama menyerupai pagi hari dan diulang setiap harinya. Perhatikan aksara kacer setiap harinya niscaya ada perubahan dari yang semula hanya mriwik akan ngeplong dan buka ekor dengan sendirinya.

Selain beberapa kasus diatas ada beberapa faktor yang menciptakan kacer tidak buka ekor ketika diadu sebagai berikut :

  1. Faktor birahi – Faktor birahi yang dimiliki burung kacer besar lengan berkuasa terhadap gayanya ketika bertarung. Burung kacer yang tidak mau ngobra ketika bertarung sanggup saja alasannya yaitu birahinya kurang naik atau belum stabil. Namun sanggup juga alasannya yaitu birahinya terlalu over dan tidak tersalurkan dengan kicauannya, sehingga ketika diadukan bukannya ngobra melainkan malah mbagong.
  2. Bakat alami – Tak jarang kita temukan burung kacer sudah mempunyai kicauan dan volume bagus. Variasi lagu sudah layak dikatakan burung kontes namun burung tersebut tidak mau ngobra atau buka ekor. Sedik menjengkelkan memang, alasannya yaitu walaupun burung tersebut jalan dilapangan, maka juri akan lebih melirik burung yang mengeluarkan gaya bertarungnya.
  3. Faktor usia burung – Burung yang mapan dalam hal usia biasanya lebih gampang terangsang ketika mendengar bunyi musuh. Begitu pula ketika diadukan langsung, biasanya burung yang berusia lebih bau tanah mendominasi ngobra duluan dan yang muda entah menyerah atau kenapa menunggu beberapa ketika bahkan sama sekali tidak mau ngobra.
  4. Jam terbang (pengalaman) – Burung yang masih muda namun sudah panjang melintang mengikuti lomba akan lebih mendominasi jalannya lomba baik dari segi suara, irama lagu dan gaya buka ekor (ngobra) dibandingkan kacer yang usianya lebih tua. Karena istilah mapan pada burung kicau tidak selalu dilihat dari faktor usia, tak sedikit burung muda yang malah menjadi juara digelaran sebuah lomba.
  5. Mental burung – Pada dasarnya mental tarung burung berbeda-beda levelnya. Mental merupakan faktor alami yang terkandung didalam darah masing-masing individunya. Mental burung dipengaruhi beberapa faktor lagi diantaranya faktor keturunan (gen), faktor perawatan, faktor usia dan faktor keberuntungan bagi pemiliknya.

Jika teman meerasa kurang beruntung mempunyai kacer yang nyalinya sedikit ciut, maka solusinya yaitu mencoba kembali keberuntungan sobat. Baik itu menukarkannya atau menambah koleksi lagi di rumah.

semoga bermanfaat
disunting dari caragacor.com

0 Response to "Mengatasi Kacer Yang Buka Ekor Sebentar Kemudian Mbalon Atau Mbedes Dikala Lomba"

Total Pageviews