Latest News

Gunakan Cara Ini Untuk Menaikkan Dan Menurunkan Birahi Lovebird Ketika Berada Dilapangan


Lovebird bukanlah burung tipe fighter (petarung). Karena itu, ketika ditampilkan dalam lomba, ia tak selalu berada dalam kondisi top form, sehingga sanggup rajin bunyi dan menekan lawan-lawannya. Nah, semoga lovebird tampil prima ketika lomba, kunci utamanya ialah menyetel kondisi birahinya, melalui pengaturan extra fooding (EF). Berikut ini tips menyetel birahi lovebird semoga tampil prima ketika lomba. Tips ini menurut pengalaman Yayat Andrianto, perawat lovebird Dora, juara 2 di Piala Raja

Untuk mendongkrak birahinya, burung perlu diberi extra fooding (EF) menyerupai jagung muda, biji matahari, kangkung, maupun kroto. Pakan embel-embel inilah yang berperan penting terhadap kondisi birahi lovebird, termasuk ketika lomba.
Menaikkan birahi Lovebird
Karena targetnya ialah bagaimana semoga birahinya sanggup optimal ketika lomba, maka pertolongan EF sanggup digencarkan sehari menjelang lomba (H-1), atau Sabtu. Om Yayat biasa melakukannya pada Sabtu sore, diawali dengan pertolongan 10 – 25 butir biji matahari.
“Pada hari Minggu, sebelum dibawa ke lapangan, kita amati dulu apakah birahi lovebird sudah naik atau belum. Jika kurang birahi, sanggup diberi cacahan kangkung atau jagung muda. Selain itu, air minum sanggup ditaburi sedikit garam untuk asinan,” ungkap Om Yayat yang tinggal di Desa Tapan, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung.
Saat burung sudah dibawa ke lapangan, amati kembali perilakunya. Sebab, terkadang LB mengalami peningkatan birahi secara berlebihan. Gejala yang terlihat, misalnya, burung ngeruji atau ngering, yaitu menempel pada jeruji kandang sambil berputar-putar pada jeruji tersebut. Selain itu, burung juga sering turun ke dasar sangkar, kemudian ngeruji lagi, dan seterusnya.
Menurunkan Birahi Lovebird
Kalau Anda melihat lovebird menampilkan sikap menyerupai itu, sanggup dipastikan birahinya berlebihan, dan harus segera diturunkan. Caranya? “Berikan gabah dari beras merah, yang dioplos dengan millet putih,” kata Om Yayat.
Jika Anda membaca porsi pertolongan biji matahari di atas berada dalam kisaran 10 – 25 butir, hal itu alasannya ialah huruf masing-masing burung tidak selalu. Karena itu, Anda sanggup mengatur setelan paling tepat, sehabis melalui beberapa eksperiman. Silakan dicoba dari porsi paling minimalis dulu: 10 biji matahari, kemudian amati kondisi birahi dan perilakunya menjelang lomba.
Jika setelan ini dirasakan sudah tepat, berarti lovebird Anda secara genetis memang mempunyai birahi tinggi. Jika burung hingga membutuhkan 25 biji matahari semoga birahinya naik, berarti secara genetis birahinya rendah sehingga harus disokong melalui EF yang banyak pula.
Perawatan harian lovebird lomba
Selain setelan menjelang lomba dan ketika lomba, perawatan harian terhadap lovebird lomba juga tak boleh dilupakan. Berikut ini tips Om Yayat mengenai perawatan harian untuk lovebird lomba:
  • Aktivitas harian dimulai pukul 06.30. Burung dikeluarkan dan pribadi dijemur.
  • Saat penjemuran, sediakan pula cepuk berisi air yang dipakai untuk mandi burung. Ini merupakan cara yang biasa dilakukan Om Yayat. Jika Anda terbiasa memandikan lovebird dengan cara disemprot atau memakai karamba, sebaiknya teruskan saja kebiasaan tersebut.
  • Aktivitas mandi dan jemur sanggup dilakukan bersamaan dengan burung master yang biasa mendampingi lovebird, contohnya cucak jenggot dan kenari. Artinya, kandang sanggup digantang berjejer. Tetapi lovebird jangan dijemur berdekatan dengan lovebird lainnya. “Kalau sekadar mendengar bunyi lovebird lainnya ya boleh saja,” kata Om Yayat.
  • Sekitar pukul 09.30, burung diangkat dari penjemuran, dan diangin-anginkan sebentar. Demikian pula dengan burung masternya.
  • Selanjutnya, burung dikerodong dan ditaruh di gantangan biasanya. Burung master tetap didekatkan dengan kandang lovebird.
Menurut Om Yayat, dalam satu rumah sebaiknya cukup memelihara dua ekor lovebird, semoga burung tidak selalu bersahut-sahutan. Sebab, hal ini akan menguras staminanya, sehingga ketika di lapangan malah tidak sanggup bekerja.
Namun, bila Anda sanggup mengakalinya, tentu sanggup saja memelihara lebih dari dua ekor. Misalnya, LB dimasukkan dalam ruang terpisah dan agak berjauhan, sehingga suaranya tak begitu terperinci terdengar oleh lovebird lainnya.
semoga bermanfaat

0 Response to "Gunakan Cara Ini Untuk Menaikkan Dan Menurunkan Birahi Lovebird Ketika Berada Dilapangan"

Total Pageviews