Lowongan CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (disingkat Kemenko Perekonomian) sebelumnya berjulukan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri yaitu kementerian dalam Pemerintah Indonesia yg membidangi koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian. Kemenko Perekonomian dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) yg semenjak tanggal 12 Agustus 2015 dijabat oleh Darmin Nasution.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mempunyai kiprah menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang perekonomian. Dalam melaksanakan tugas, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menyelenggarakan fungsi:
- Koordinasi dan sinkronisasi perumusan, penetapan, dan pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yg terkait dengan gosip di bidang perekonomian;
- Pengendalian pelaksanaan kebijakan Kementerian/Lembaga yg terkait dengan gosip di bidang perekonomian;
- Koordinasi pelaksanaan tugas, pembinaan, dan pemberian sumbangan manajemen kepada seluruh unsur organisasi di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian;
- Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yg menjadi tanggung jawab Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian;
- Pengawasan atas pelaksanaan kiprah di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian; dan
- Pelaksanaan fungsi lain yg diberikan oleh Presiden.
Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia menunjukkan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yg bakal ditugaskan di lingkungan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.
Lowongan CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
Persyaratan Pelamar :
- Kebutuhan dari masing-masing jabatan di peruntukan bagi pelamar dengan kriteria :
- Cumlaude yaitu pelamar lulusan terbaik (cumlaude / dengan pujian) dari Perguruan Tinggi terakreditasi A / Unggul dan Program Studi terakreditasi A / Unggul dari Badan Akretditasi Nasional dan Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada dikala lulus dan dibuktikan dengan keterangan lulus cumlaude / kebanggaan pada ijasah atau transkrip nilai.
- Disabilitas/ Difabel yaitu pelamar yg menyandang disabilitas / berkebutuhan khusus dengan kriteria bisa melaksanakan kiprah mirip menganalisa, mengetik, memberikan buah pikiran, berdiskusi dan bisa berjalan, tidak tuli serta tidak buta.
- Putra / Putri Papua dan Papua Barat yaitu pelamar dengan kriteria menamatkan pendidikan SD, SMP / SLTP, dan SMU / SLTA di wilayah Papua dan Papua Barat atau menurut garis keturunan orang renta (bapak) orisinil Papua (yg dibuktikan dengan surat keterangan dari kelurahan/ kepala desa).
- Umum yaitu pelamar yg tidak termasuk kriteria segimana karakter a, b dan c diatas.
- Pelamar yg disebutkan pada angka 1 (satu) Musti/harus memenuhi persyaratan pelamaran segimana dalam pengumuman ini.
Persyaratan kerja :
Persyaratan Umum (Cumlaude, Disabilitas/ Difabel, Putra / Putri Papua dan Papua Barat dan Umum)
- Warga Negara Indonesia yg bertakwa kepada Tuhan yg Maha Esa, setia, dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara menurut putusan pengadilan yg telah mempunyai kekuatan aturan yg tetap sebab melaksanakan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih
- Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas seruan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai CPNS/ PNS/ Anggota TNI/ Anggota Kepolisian Negara atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
- Tidak berkedudukan sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil atau Pegawai Negeri Sipil, prajurit TNI, anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas Pemerintah.
- Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
- Memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan (jenjang dan jurusan) yg sesuai dengan gugusan jabatan;
- Usia pada tanggal 1 September 2017 minimal 18 tahun dan maksimal 35 Tahun pada 1 Desember 2017.
- Sehat jasmani dan rohani sesuai dengan jabatan yg dilamar. Kecuali pelamar difabel/ disabilitas sesuai dengan ketentuan kriteria pelamar disebutkan di atas dan menerima kebijakan khusus. (dilengkapi setelah lulus)
- Tidak mempunyai ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya (Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah setempat yg masih berlaku Musti/harus dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir)
Persyaratan Khusus Pelamar Umum
- Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan minimal dari PTN atau PTS terakreditasi A dan Program Studi terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada dikala lulus. Khusus untuk S2 Logistik minimal dari PTN atau PTS terakreditasi A dan Program Studi terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada dikala lulus.
- Bagi pelamar dari Perguruan Tinggi Luar Negeri mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yg dibuktikan dengan ijazah yg telah mendapatkan ratifikasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan disertai dengan konversi IPK dalam skala 4 (apabila Perguruan Tinggi tersebut tidak menggunakan skala 4).
- Pelamar merupakan lulusan Magister / S-2, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.30 (tiga koma tiga nol) skala 4 (empat)untuk gugusan jabatan Analis Kebijakan Ahli Pertama.
- Dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan baik
Persyaratan Khusus Pelamar Cumlaude
- Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dari PTN atau PTS yg terakreditasi A/ Unggul dengan Program Studi terakreditasi A/ Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada dikala ijazah tersebut dikeluarkan.
- Pendaftar untuk gugusan cumlaude dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip nilai dilegalisir sekurang-kurangnya oleh dekan atau sederajat.
- Dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dengan baik.
Persyaratan Khusus Pelamar Putra/ Putri Papua dan Papua Barat
- Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan minimal dari PTN atau PTS terakreditasi A dan Program Studi terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada dikala lulus.
- Bagi pelamar dari Perguruan Tinggi Luar Negeri mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yg dibuktikan dengan ijazah yg telah mendapatkan ratifikasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan disertai dengan konversi IPK dalam skala 4 (apabila Perguruan Tinggi tersebut tidak menggunakan skala 4).
- Pelamar merupakan lulusan Magister / S-2, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.00 (tiga koma nol nol) skala 4 (empat) untuk gugusan jabatan Analis Kebijakan Ahli Pertama.
- Pendaftar untuk gugusan Putra/ Putri Papua dan Papua Barat dibuktikan dengan
- Fotokopi ijazah SD atau yg sederajat, SMP atau sederajat dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat di wilayah Papua dan Papua Barat yg dilegalisir; atau
- Dapat dibuktikan dengan Surat Akta Kelahiran pelamar, fotokopi KTP Bapak (ayah kandung) dan surat keterangan kekerabatan keluarga dari kelurahan/desa.
Persyaratan Khusus Pelamar Disabilitas/ Difabel
- Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan minimal dari PTN atau PTS terakreditasi B dan Program Studi terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) pada dikala lulus.
- Bagi pelamar dari Perguruan Tinggi Luar Negeri mempunyai kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan yg dibuktikan dengan ijazah yg telah mendapatkan ratifikasi dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan disertai dengan konversi IPK dalam skala 4 (apabila Perguruan Tinggi tersebut tidak menggunakan skala 4).
- Pelamar merupakan lulusan Sarjana/ S-1, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.00 (tiga koma nol nol) skala 4 (empat) untuk gugusan jabatan Analis Tata Usaha.
TATA Caranya PENDAFTARAN
- Dokumen Persyaratan (berkas lamaran) terdiri dari :
- Surat lamaran ditujukan Kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI di Jakarta, diketik mengunakan Komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani dengan pena bertinta hitam (format Surat lamaran sanggup diunduh dilaman : https://sscn.bkn.go.id)
- Kartu Tanda Penduduk (KTP) orisinil atau Surat keterangan telah melaksanakan rekaman kependudukan yg dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).
- Apabila domisili pelamar tidak sesuai dengan alamat KTP, yg bersangkutan Musti membuat surat keterangan dari Lurah/ Kepala Desa yg menyatakan yg bersangkutan telah berdomisili ditempat tersebut minimal 1 tahun.
- Ijazah dan Transkrip Nilai Ijazah supaya
- Surat Pernyataan Musti diketik menggunakan komputer, bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh pelamar dengan pena berwarna hitam ( format surat pernyataan sanggup diunduh dilaman : https://sscn.bkn.go.id )
- Pas photo berlatar belakang warna merah berukuran 3 x 4 (1 lembar)
- Pendaftaran dan unggah dokumen persyaratan dilakukan setrik online melalui laman : https://sscn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
- Pendaftaran online dan batas waktu registrasi serta unggah dokumen persyaratan pelamaran dimulai pada tanggal 11 s.d. 25 September 2017 (ditutup pukul 23.59 WIB).
- setelah mendapatkan kartu pendaftaran, pelamar mengirimkan berkas lamaran sesuai persyaratan pelamaran melalui PO BOX 2720 JKP 10027 ditujukan kepada Panitia Seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dengan lampiran:
- Fotokopi kartu pendaftaran
- Pas foto berwarna latar belakang merah ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar
- Fotokopi KTP
- Surat lamaran supaya
- Surat Pernyataan supaya
- Fotokopi sah ijazah terakhir dan transkrip nilai yg telah dilegalisir oleh pejabat berwenang di Perguruan Tinggi pelamar.
- Fotokopi ketetapan pengakuan aktivitas studi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yg sudah dilegalisir sebanyak 1 lembar.
- Surat Lamaran beserta lampirannya disusun rapi dan dimasukkan ke dalam map berwarna :
- KUNING untuk S1
- BIRU untuk S2
- Tuliskan isyarat jabatan yg dilamar pada map segimana dimaksud poin 8 di atas.
- Pelamar untuk gugusan Putra/ Putri Papua dan Papua Barat melampirkan
- Fotokopi ijazah SD atau yg sederajat, SMP atau sederajat dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat yg dilegalisir; atau
- Dapat dibuktikan dengan fotokopi KTP Bapak (ayah kandung) dan surat keterangan kekerabatan keluarga dari kelurahan/ desa.
- Batas waktu penerimaan berkas lamaran pada PO BOX 2720 JKP 10027 paling lambat diterima pada tanggal 25 September 2017 (stempel pos dengan kilat khusus) pukul 16.00 waktu setempat.
- Pelamar yg dinyatakan lulus seleksi manajemen sanggup mencetak kartu peserta ujian setrik online melalui laman : https://sscn.bkn.go.id dimulai pada tanggal 2 Oktober 2017 s.d. 6 Oktober 2017.
TAHAPAN SELEKSI
- Seleksi Administrasi
- Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan bobot 40%, menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yg materinya terdiri dari:
- Tes Wawasan Kebangsaan
- Tes Intelegensi Umum
- Tes Karakteristik Pribadi
- Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dengan bobot 60% terdiri dari :
- Substansi Jabatan menggunakan sistem CATdengan bobot 30%
- Assesmen dengan bobot 30%
- Wawantrik dengan bobot 40%
- Khusus pelamar jabatan Analis Tata Usaha, SKB dengan bobot 60% terdiri dari:
- Praktik kerja komputer dengan bobot 30%.
- Assesmen dengan bobot 30%
- Wawantrik dengan bobot 40%.
SISTEM KELULUSAN
- Kelulusan seleksi manajemen ditentukan menurut hasil verifikasi dokumen/ berkas lamaran yg terlah diunggah dan dikirim. Kelulusan seleksi manajemen bakal diumumkan oleh panitia pada laman https://sscn.bkn.go.id dan https://rekrutmen.ekon.go.id.
- Kelulusan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) didasarkan pada nilai passing grade yg diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
- Jumlah peserta yg sanggup mengikuti seleksi kompetensi bidang paling banyak 3 (tiga) kali jumlah kebutuhan (formasi) pada masing-masing Jabatan menurut peringkat nilai SKD.
- Kelulusan Akhir ditentukan menurut hasil integrasi SKD dengan bobot 40% dan SKB dengan bobot 60% yg diatur dalam peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.
LAIN-LAIN
- Pengumuman penerimaan dilakukan melalui website pada tanggal 5 September 2017
- Tempat Pelaksanaan tahapan seleksi dilaksanakan di Jakarta
- Panitia tidak menanggung biaya transportasi dan fasilitas selama mengikuti seleksi penerimaan CPNS
- Panitia tidak mendapatkan berkas lamaran yg disampaikan setrik pribadi ke kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
- Pada peserta yg tidak hadir dan/atau tidak bisa mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan lokasi yg ditetapkan, maka dinyatakan gugur.
- Apabila terdapat peserta yg telah dinyatakan lulus dan diterima kemudian mengundurkan diri/digugurkan, maka Panitia sanggup menggantikan dengan peserta yg mempunyai peringkat terbaik dibawahnya menurut hasil keputusan rapat.
- Kelulusan peserta yaitu prestasi peserta sendiri. Jika ada pihak-pihak yg menjanjikan kelulusan dengan motif apa pun, maka hal tersebut merupakan tindakan penipuan dan Kepada para peserta, keluarga dan pihak lain dihentikan menunjukkan sesuatu dalam bentuk apapun yg dihentikan dalam Peraturan Perundang-undangan terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, apabila diketahui maka bakal diproses sesuai dengan aturan yg berlaku dan digugurkan kelulusannya.
- Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yg tidak sesuai / tidak benar, Panitia Seleksi sanggup menggugurkan kelulusan yg bersangkutan.
- Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya.
- Keputusan Panitia Seleksi tidak sanggup diganggu gugat.
- Informasi lebih lanjut sanggup dilihat di https://rekrutmen.ekon.go.id
- Panitia tidak mendapatkan kunjungan dari pelamar kecuali dikala pelaksanaan SKD dan SKB.
- Informasi terkait aktivitas pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sanggup dilihat pada halaman setelah pengumuman ini. Jika terdapat perubahan informasi dalam pengumuman ini, maka bakal dinformasikan pribadi di website https://rekrutmen.ekon.go.id dan https://sscn.bkn.go.id. Para pelamar CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Tahun Anggaran 2017 diperlukan untuk sering memantau website tersebut.
- Pelayanan dan klarifikasi informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Tahun Anggaran 2017 sanggup mengubungi Call Center yg sanggup dihubungi :
- Frequently Asked Questions (FAQ) pada https://sscn.bkn.go.id. dan https://rekrutmen.ekon.go.id
- Telephone (021) 3441340 (ext 2301) pada hari Senin s.d. Jumat pukul 08.30 s.d. 16.00 WIB
- Email : cpns@ekon.go.id
- twitter : @cpnsekon
Sumber : https://goo.gl/6u8ba2
Batas simpulan Pendaftaran/ Pengiriman Berkas lamaran pekerjaan paling lambat tanggal 25/09/2017
0 Response to "Lowongan Cpns Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Ri"